Vania Valencia Buka Suara Prihal Pelecehan Seksual

Vania Valencia Buka Suara Soal Pelecehan seksual
Sumber :
  • Intipseleb

VIVA Bandung – Miss Universe Indonesia 2023 sudah memilih 30 finalis, salah satunya sosok yang tak asing di industri hiburan Tanah Air ialah Vania Valencia.

Ia punya tujuan mulia mengikuti ajang kecantikan yang lisensinya dipegang Poppy Capella.

Lewat Miss Universe Indonesia 2023, Vania Valencia ingin menyuarakan soal permasalahan pelecehan seksual pada perempuan.

Wanita yang memulai karier sebagai atlet basket dan terjun berakting itu merasa selama ini belum ada ketegasan terkait masalah tersebut.

"Jadi memang saya ikutan ini sekaligus advokasi saya dan saya pengin punya suara yang lebih besar lagi terutama di masalah ini, empowerment woman. Di sini aku juga sebagai perwakilan dari entertainment di mana banyak sekali pelecehan seksual yang terjadi. Di sini saya mau gunakan Miss Universe untuk menyuarakan," ujar Vania di Sari Pacific Jakarta, Senin 24 Juli 2023 malam.

"Yang saya lihat saat ini pembahasan tentang pelecehan seksual hanya sebatas jadi ajang sharing saja, ketika ada pelecehan seksual nggak ada tindakan khusus menyelesaikannya. Makanya Vania mau edukasi kepada wanita di luar sana, kita bisa menjadi super hero buat diri kita sendiri dengan cara menjadi pribadi yang kuat dari segi fisik, dengan olahraga dan self defense. Vania berharap bisa menjadi role model buat semua wanita di luar sana," lanjutnya.

Vania Valencia sendiri mengaku pernah mengalami pelecehan seksual. Dari kejadian yang dialami, ia ingin mencari solusi lewat ajang kecantikan.

"Tentu pernah. Pelecehan seksual itu banyak macamnya, ada catcalling, disentuh tanpa izin seperti Vania alami. Dengan pengalaman itu, Vania datang ke sini buat mencari solusi atas pelecehan seksual ini. Banyak teman Vania yang alami pelecehan seksual," tutur Vania.

Rektor Nonaktif UP Bantah Tudingan Lakukan Pelecehan Seksual, Begini Klarifikasinya