Berangkat ke Tanah Suci, Ridwan Kamil Pimpin Jemaah Haji Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • Dok. Pemprov Jabar

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan berangkat ke Tanah Suci pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini, atau 1443 Hijriah/2022 Masehi. Ia akan pimpin belasan ribu jemaah haji di Jabar.

Hindari Tersesat di Tanah Suci: 10 Tips Aman dan Nyaman untuk Jemaah Haji Indonesia

"Kalau tidak ada halangan, saya akan jadi amirul hajj di haji tahun ini. (Tahun) 2019 Pak Wagub Jabar, 2020 enggak ada, 2021 enggak ada. Nah 2022 ada. Jadi gantian, dulu Pak Wagub yang memimpin, sekarang saya memimpin," kata Ridwan Kamil di Kota Bandung, dikutip VIVA Bandung dari Antara, Kamis, 9 Juni 2022.

Tugas pemimpin jemaah haji, menurut dia, antara lain memastikan jemaah aman dan sehat serta bisa mengakses pelayanan yang dibutuhkan, termasuk pelayanan konsumsi dan transportasi, selama menunaikan ibadah di Tanah Suci.

Zara Anak Ridwan Kamil Pamer Makanan Pro Israel, Bikin Netizen Jantungan

"Jadi itu tugas saya di Tanah Suci nanti, untuk memastikan itu sebagai amirul hajj," jelasnya.

Saat ini, lanjut Ridwan Kamil, ada enam kelompok terbang atau kloter jemaah haji asal Jawa Barat yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci.

Pamer Makanan Pro Israel, Anak Ridwan Kamil Kena Ulti Netizen

"Informasi yang saya dapatkan itu sudah enam kloter terbang ke Tanah Suci dari calon jamaah haji, hanya 45 persen dari 100 persen dari yang seharusnya kita didapatkan," paparnya.

Menurut data Kantor Wilayah Kementerian Agama, Provinsi Jawa Barat mendapat kuota memberangkatkan 17.679 orang ke Tanah Suci pada tahun 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title