Video Sujud Syukur Santri Keluar dari Ruang Bawah Tanah Ponpes Al-Zaytun Ternyata Hoaks

Potret Google Earth Pesantren Al-Zaytun
Sumber :
  • Viva Group

Viva Bandung – Media sosial tempat dihebohkan oleh beredarnya video ratusan santri ponpes Al-Zaytun yang disekap oleh Panji Gumilang. Dalam keterangan video itu, disebutkan bahwa ratusan santri berhasil diselamatkan dari sekapan Panji Gumilang dari ruang bawah tanah. Polisi berhasil menembus pintu rahasia dengan bantuan alat berat.

Daftar Polri 2024, Ini Link Download PDF Contoh Surat Persetujuan Orang Tua

AKBP M Fahri Siregar, Kapolres Indramayu melalui Kasi Humas Polres Indramayu, Ipda Tasim menegaskan bahwa video tersebut hoaks.

"Ini video hoaks," ujar dia saat dikonfirmasi, Minggu, 27 Agustus 2023.

Daftar Polisi Bintara 2024 Sekarang Juga, Ini Syarat dan Cara Daftarnya: Dijamin Lulus!

Video itu diunggah oleh akun Snack Video @Kiboy45. Konten video tersebut diketahui beredar di jejaring pendem (Snack Video) dengan judul "Sujud Syukur Ratusan Santri yang Selamat Dari Sekapan Panji Gumilang di Ruang Bawah Tanah". 

Selain video itu, akun ini juga banyak membagikan kabar hoaks lain mengenai Ponpes Al-Zaytun Indramayu. Ipda Tasim menyampaikan bahwa konten penyelamatan ratusan santri dari sekapan Panji Gumilang itu tidak benar. Tidak diketahui dengan pasti potongan foto ratusan orang diduga santri yang tengah sujud syukur dengan polisi bersenjata lengkap di belakangnya itu.

Hati-hati Penipuan! Ini Cara Daftar Polisi Bintara 2024 yang Benar: Jangan Asal-asalan

Namun, Ipda Tasim memastikan bahwa latar foto tersebut bukan ada di Ponpes Al-Zaytun Indramayu. Ipda Tasim mengimbau kepada masyarakat untuk menyaring informasi hoaks yang banyak beredar.

"Mari sama-sama kita menangkal hoaks atau berita bohong," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
img_title