Demokrat: Surya Paloh Dadakan Tetapkan Cak Imin Jadi Cawapres Anies Baswedan

Anies Baswedan dan AHY
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA Bandung – Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menyebut, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh secara tiba-tiba telah menetapkan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) Anies Baswedan.

MK Tolak Seluruh Gugatan AMIN, Surya Paloh: Perjuangan Tidak Boleh Berhenti

Melansir dari tvOneNews, keputusan tersebut diambil Surya Paloh tanpa sepengetahuan Partai Demokrat dan PKS. 

"Pada Selasa (29/8/2023) malam di NasDem Tower, secara sepihak Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh tiba-tiba menetapkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai cawapres Anies Baswedan tanpa sepengetahuan Partai Demokrat dan PKS,” kata Herzaky dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/8/2023).

Kata Surya Paloh Usai MK Tolak Seluruh Gugatan AMIN

Menurutnya, malam itu juga Anies Baswedan dipanggil oleh Surya Paloh untuk menerima keputusan itu. 

"Sehari kemudian, Rabu (30/8/2023), capres Anies Baswedan dalam urusan yang sangat penting ini tidak menyampaikan secara langsung kepada pimpinan tertinggi PKS dan Demokrat melainkan terlebih dahulu mengutus Sudirman Said untuk menyampaikannya,” ujar Mahendra.

Nasdem Tegas Akan Hormati Putusan MK Terkait Sengketa Pilpres 2024 Apapun Hasilnya

Dalam keterangan tertulisnya itu, Demokrat juga mengatakan peristiwa ini merupakan bentuk pengkhianatan terhadap Piagam Koalisi yang telah disepakati ketiga parpol, yakni NasDem, Demokrat dan PKS.