Pelat Nomor Kendaraan di Jabar Bakal Segera Diganti Warna Putih

Ilustrasi pelat warna putih
Sumber :
  • Instagram

BANDUNG – Korlantas Polri segera menerapkan peralihat pelat nomor kendaraan dari warna dasar hitam menjadi warna putih. Ada tiga wilayah yang lebih diutamakan untuk peralihan tersebut, salah satunya Jawa Barat.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Selasa 21 Mei 2024

"Alhamdulillah, saat ini material (pelat) sudah cukup banyak yang diproduksi. Kita utamakan wilayah yang materialnya sudah habis, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara," kata Kasubdit STNK Korlantas Polri, Kombes Taslim Chairuddin kepada wartawan, Selasa, 14 Juni 2022.

Nantinya, kendaraan masyarakat yang pajak lima tahunannya habis masa berlaku maka akan mendapatkan pelat berwarna putih.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Selasa 21 Mei 2024

"Insya Allah jika material spesifikasi lama habis, maka material baru akan digunakan. Artinya penggunaan TNKB dengan spesifikasi warna dasar putih dan tulisan hitam sudah kita mulai. Kapan persisnya sulit saya jawab secara pasti, jika ingin tahu persis maka kita harus hitung berapa sisa stok saat ini dan berapa jumlah layanan pendaftaran baru, perubahan dan perpanjangan STNK yang akan segera dimintakan kepada penyelenggara regident," papar Taslim.

Awalnya diperkirakan mulai diterapkan pertengahan Juni 2022. Namun, jelas Taslim, sisa stok lama masih ada. Untuk itu ia meminta masyarakat untuk sabar menunggu perkembangan.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Senin 20 Mei 2024

"Saya pikir itu pekerjaan yang kurang bermanfaat, oleh sebab itu masyarakat sabar saja dan menunggu saja perkembangannya. Di awal saya prediksi di pertengahan Juni ini sudah mulai digunakan, ternyata sisa stok masih ada, ini bukan bermaksud main-main, melainkan sekedar prediksi," tuturnya.

Sementara itu, jelas Taslim, masyarakat bisa mendapatkan pelat putih, salah satunya yakni dengan masa pelat lima tahunannya sudah habis masa berlakunya.

Halaman Selanjutnya
img_title