Nurman Farieka Ramdhany Sulap Kulit Kaki Ayam Jadi Komoditas Usaha Kreatif

Pengrajin Sepatu Kulit Kaki Ayam
Sumber :
  • Viva Grup

VIVA Bandung – Dengan kreativitas, Nurman Farieka Ramdhany menyulap kulit kaki ayam menjadi komoditi fashion.Beda dari umumnya, Nurman tak menggunakan kulit reptil seperti sepatu yang biasa ditemui.

7 Tips Cantik Bikin Kulit Sehat Sekaligus Glowing di Bulan Ramadhan

Nurman Farieka Ramdhany justru manfaatkan kulit kaki ayam sebagai bahan baku sepatunya. Nurman menamakan Usaha kreatif yang dibangunnya itu dengan sebutan Hirka yang dimulai sejak 2015.

Sebelum ini, Nurman sempat fokus pada cara pewarnaan ceker ayam agar menghasilkan warna yang cantik dan unik dengan teknologi penyamakan yang diuji coba selama satu tahun. 

Berobat ke Luar Negeri, Ini Perubahan Wajah Kartika Putri Usai Dikabarkan Melepuh

Setahun berikutnya Hirka mulai memproduksi sepatu dan mulai memamerkan karyanya di INACRAFT sejak tahun 2017. 

Selain kreatif, Hirka secara tak langsung ikut memberdayakan pengrajin sepatu memanfaatkan peluang dan pengalihan penggunaan kulit reptil untuk memproduksi sepatu. 

Disindir Kena Azab, Ini Penampakan Terkini Wajah Kartika Putri: Tak Disangka!

Berkatnya, terjadi kenaikan perekonomian pengepul ceker ayam di pasar dan pengurangan limbah kaki ayam. Dari yang tadinya hanya memproduksi saat ada pesanan. 

Kini ia berhasil meningkatkan produksi dan penjualannya, dari awalnya 100 pasang menjadi 200 pasang sepatu. Pemasaran yang awalnya melalui mulut ke mulut, saat ini sudah mencapai Aceh, Kalimantan, Jakarta, Jawa, dan Sumatra. 

Halaman Selanjutnya
img_title