KPK Ungkap Uang Korup SYL Dipakai Umroh ke Tanah Suci

Tersangka mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL).
Sumber :
  • Viva.co.id

Bandung - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah resmi menahan mantan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo buntut dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). KPK ungkap Syahrul Yasin Limpo dan kawan-kawannya kerap palak ASN Kementan RI untuk berangkat umroh.

SYL Bayar Biduan Rp100 Juta Pakai Hasil Uang Korupsi Kementan

"Terdapat penggunaan uang lain oleh SYL bersama-sama dengan KS dan MH serta sejumlah pejabat di Kementerian Pertanian untuk ibadah umrah di Tanah Suci dengan nilai miliaran rupiah," ujar wakil ketua KPK Alexander Marwata kepada wartawan dikutip Sabtu 14 Oktober 2023.

Selain itu, SYL memaksa para pejabatnya dengan memerintahkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur alat dan mesin pertanian Muhammad Hatta.

Terlibat Kasus Korupsi Suami Sandra Dewi, Ini Sosok Artis A dan Pendakwah Berinisial D

"Atas arahan SYL, KS dan MH memerintahkan bawahannya untuk mengumpulkan sejumlah uang di lingkup eselon 1, para Dirjen, Kepala Badan dan Sekretaris di masing-masing eselon 1," ujar wakil ketua KPK Alexander Marwata di gedung merah putih KPK, Jumat 13 Oktober 2023.

Alex menjelaskan kalau Syahrul Yasin Limpo meminta uang kepada sejumlah pejabat dengan nilai USD 4000-USD10.000. Uang tersebut diminta oleh SYL lewat anak buahnya itu setiap bulan. Lantas, Syahrul menggunakan uang paksaan tersebut untuk keperluan pribadi dan keluarganya.

Kerap Dikaitkan dengan Kasus Pencucian Uang, Raffi Ahmad Tegaskan Soal Ini

"Penggunaan uang oleh SYL yang juga diketahui KS dan MH antara lain untuk melakukan pembayaran cicilan kartu kredit, cicilan pembelian mobil alphard milik SYL, perbaikan rumah pribadi, tiket pesawat bagi keluarga hingga pengobatan dan perawatan wajah bagi keluarga yang nilainya miliaran rupiah," tuturnya.

Wakil Ketua KPK, Alexander Mawarta.

Photo :
  • Viva.co.id
Halaman Selanjutnya
img_title