Urban Farming Solusi Pemulihan Ekonomi ala Kelompok Tani Sauyunan Arcamanik

Urban Farming Kelompok Tani Sauyunan
Sumber :
  • Viva Grup

VIVA Bandung – Apresiasi Satu Indonesia Award merupakan program social dari Astra yang mendukung upaya problem solving di berbagai daerah di Indonesia dengan memaksimalkan potensi yang ada. Termasuk di wilayah pertanian.

Petani dan Sopir Angkot Doa dan Dukung Ganjar-Mahfud Jadi Presiden dan Wapres 2024

Hingga Vania dan Galih terpilih menjadi salah satu penerima Apresiasi Satu Indonesia Award dari Astra yang mewujudkan Seni Tani .

Seni Tani adalah urban farming social enterprises istilah keren untuk usaha pertanian urban, yang diwujudkan dua orang muda 28 tahunan, Vania dan Galih di daerah Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung Utara.

Muhammad Xaria Yusuf, Pembuat Teknologi Hasil Panen Petani Go International

Berawal sejak November 2020 sekarang ada 680 m2 lahan tidur yang dimanfaatkan menjadi kebun sayur. Dalam waktu 1 tahun terakhir, Seni Tani menghasilkan sayur lebih dari 150 kg.

Paling menggiurkan hasil panen didistribusikan melalui Kelompok Tani Sauyunan dengan sistem CSA, Community Supported Agriculture.

Mengenal Vania Febriyantie, Petani Milenial di Tengah Kota

 Artinya anggota kelompok ini yang berjumlah 24 orang membayar di awal bulan sebelum benih sayur ditanam.

Dengan demikian petani urban mendapat kepastian, advance payment sebelum panen.  Lahan tanam Seni Tani saat ini terbagi dua. Separuh berfungsi sebagai kebun komunal untuk 97 anggota yang aktif berkebun bersama. Separuh lagi dikerjakan oleh 2 orang pemuda setempat yang menjadi petani urban dengan pendapatan tetap.

Halaman Selanjutnya
img_title