Profil Anwar Usman, Ipar Jokowi yang Gelar Karpet Merah untuk Gibran Maju Pilpres 2024

Ketua MK Anwar Usman dan Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • Viva.co.id

Bandung - Anwar Usman, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tengah menjadi sorotan publik setelah memilih untuk mengabulkan gugatan uji materil Pasal 169 huruf q Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 mengenai Pemilu, terkait batas usia capres-cawapres. 

Prabowo-Gibran Resmi Terpilih Sebagai Presiden 2024, Habib Bahar: Harus Terima

Ada sebanyak 11 permohonan perkara yang diajukan ke MK terkait uji materil batas usia capres-cawapres. Salah satunya diajukan oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang teregister dalam berkas nomor 29/PPU-XXI/2023.    

Tercatat ada sembilan hakim Mahkamah Konstitusi yang turut mengambil keputusan dalam rapat Permusyawaratan Hakim hari ini di Gedung MK, Jakarta, Senin, 16 Oktober 2023. Dalam sidang tersebut Ketua MK Anwar Usman menjadi pemimpin sidang. 

Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo, Namun Tetap Anggap Sebagai "Pengkhianat"

Anwar Usman sendiri bukan sosok asing karena menjadi saudara ipar Presiden Joko Widodo. Hubungannya dengan Jokowi tersebut yang membuat Anwar Usman ramai disorot karena dikhawatirkan akan melanggengkan dinasti politik Jokowi. 

Profil Anwar Usman

Pasca Putusan MK, Gibran Ucapkan Terimkasih ke Anies dan Ganjar Soal Ini

Anwar Usman dan Saldi Isra Terpilih Menjadi Ketua dan Wakil MK

Photo :
  • TvOneNews.com

Anwar Usman adalah seorang pria yang lahir pada tanggal 31 Desember 1956 dan besar di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) tepatnya di Desa Rasabou, Kecamatan Bolo. Ia sempat menempuh pendidikan di Sekolah Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) hingga tahun 1975.

Halaman Selanjutnya
img_title