Presenter Berita Pakai Syal Palestina, Dewan Pers: Bukan Pelanggaran Kode Etik Jurnalistik

Presenter tvOne Gunakan syal Palestina saat siaran.
Sumber :
  • Viva.co.id

Bandung - Wakil ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya buka suara terkait polemik mengenai pembawa berita di tvOne yang mengenakan syal bertuliskan Palestina. Hal itu menjadi polemik, karena sebagian masyarakat menarasikan hal tersebut kepada keberimbangan pemberitaan.

4 Game Viral Bagi-Bagi Saldo DANA Gratis, Sekali Main Dapat Rp500 Ribu Per Jam

Namun menurut Agung, tindakan yang dilakukan oleh Presenter tvOne tersebut tidak melanggar kode etik jurnalistik.

"Saya ingin menyampaikan, bahwa yang saya maksud bukan melanggar kode etik. Dikatakan melanggar kode etik jika karya jurnalistiknya tidak memenuhi unsur kode etik jurnalistik," kata Agung dalam keterangan tertulisnya yang diterima Senin, 30 Oktober 2023.

Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp500 Ribu Tiap Jam, Buruan Mainkan Game Viral Ini

Presenter tvOne Gunakan syal Palestina saat siaran.

Photo :
  • Viva.co.id

Masih menurut Agung, peristiwa yang terjadi di tvOne pembawa berita tersebut hanya mengenakan aksesoris syal saja. Bukan berkaitan dengan sebuah karya jurnalistik, sehinngga tidak termasuk dalam pelanggaran kode etik jurnalistik.

Cara Hasilkan Saldo Dana Gratis Tiap Hari, Coba 3 Aplikasi Ini

"Sementara dalam kasus tvOne tidak ada kaitan dengan karya jurnalistik tetapi hanya pemakaian syal presenter. (Bendera Palestina bukan simbol keagamaan)," kata Agung.

Agung menambahkan, menyemapaikan pendapat terkait kebebasan berpendapat, ekspresi keber[ihakan terhadap kemanusiaan boleh dilakukan siapapun termasuk seorang jurnalis. Namun dia menekankan, prinsip-prinsip jurnalistik tetap harus tercermin dari berita atau karya jurnalistik.

Halaman Selanjutnya
img_title