Bang Onim Ungkap Mengapa Tentara Palestina Tidak Bisa Berbuat Banyak

Bang Onim, WNI yang Lolos dari Serangan Israel
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung - Abdillah Onim atau sapaan akrabnya Bang Onim adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah belasan tahun menetap di Palestina. Kini, dirinya bersama keluarga harus kembali ke Indonesia lantaran konflik yang terjadi antara Israel dan Hamas semakin memanas. Dalam podcast Need A Talk milik Atta Halilintar, Ia menceritakan perihal keluarganya yang berhasil lolos dari kekejaman Israel.

Usai Unggah Foto Starbucks di Mekkah, Zita Anjani Malah Tantang Balik Masyarakat Soal Ini

Atta pun lantas bertanya kepada Bang Onim, apakah Palestina tidak mempunyai tentara?

Bang Onim pun menjawab, Palestina sudah 75 tahun lamanya dijajah oleh Israel hamir di seluruh sektor. Baik sektor perekonomian hingga sektor keamanan. Meski ada beberapa militer Palestina, mereka tidak diberi izin untuk melakukan pembelaan.  

Perang di Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Bantu Iran Hadapi Balas Dendam Israel

“Kalau teman-teman melihat ada militer Palestina, mereka punya senjata, itu mereka enggak bisa ngapa-ngapain. Mereka tidak diizinkan untuk melakukan pembelaan oleh pihak Israel,” kata Bang Onim, dikutip Rabu, 15 November 2023. 

“Jadi seluruh persenjataan mereka itu diinventarisir oleh Israel. Otomatis mereka nggak bisa ngapa-ngapain,” imbuhnya.

Heboh! Buku Karya Sarjana Isarel Ini Diduga Jadi Penyebab Zara Lepas Hijab

Bang Onim mengaku, kalaupun ada militer, itu hanya ada di wilayah tepi barat. Di pertengahan antara tepi barat dan Gaza itu ada checkpoint dari pihak Israel. 

“Kalaupun ada militer itu mereka adanya di tepi barat. Jadi kita harus berbicara tentang Palestina itu ada di tepi barat, West Bank, ada Gaza. Di tengah-tengahnya itu ada checkpoint oleh pihak Israel,” ungkap Bang Onim.

Halaman Selanjutnya
img_title