Rektorat UGM Disebut Larang Anies Baswedan Jadi Pembicara, Ini Kata Pihak Kampus

Universitas Gadjah Mada
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung Anies Baswedan, calon presiden nomor urut 1, batal menjadi pembicara dalam diskusi yang diselenggarakan BersamaIndonesia di Auditorium Magister Manajemen (MM) UGM, Jumat 17 November 2023. Anies gagal menjadi pembicara dalam forum diskusi tersebut, karena panitia mengklaim adanya pelarangan dari Rektorat UGM terkait diskusi itu.

Pasca Putusan MK, Gibran Ucapkan Terimkasih ke Anies dan Ganjar Soal Ini

Diskusi yang bertema 'Finding The Justice Governance Path for the Development of Indonesia: Jakarta Kota Kolaborasi as a Pioneer of Sharing City in Indonesia', selain Anies adapula beberapa pembicara lainnya.

Acara Diskusi Publik di UGM yang Harusnya Dihadiri Anies Baswedan

Photo :
  • Viva.co.id
Kata Surya Paloh Usai MK Tolak Seluruh Gugatan AMIN

Beberapa tokoh yang dihadirkan adalah Lars Bo Larsen (Duta Besar Denmark), Lambert Grijne (Duta Besar Belanda), Sulfikar Amir (NTU Singapore), Elisa Sutanudjaja (RUJAK URBAN Studies) dan Tri Mulyani Sunarharum (Pakar Urban Planning UGM). 

"Rekomendasinya (dari Rektorat UGM), tidak menyarankan kehadiran tokoh ini yaitu Bapak Anies Baswedan karena dianggap lekat dengan unsur-unsur politis. Ada redaksi bahwa apabila tetap memaksakan seperti itu akan ada yang menertibkan atau bahasa sederhananya dibubarkan," ucap panitia acara, Muhammad Khalid.

Hotman Paris Sebut Gugatan Pilpres Kubu 01 Paling Ngambang: Digugat Apa, yang Dibahas Bansos

"Meskipun kami sudah menjelaskan sejak awal bahwa acara ini pure mimbar akademik. Tidak ada endorse politik, kampanye politik, mobilisasi massa maupun atribut politik,"imbuh Khalid. 

Menanggapi kabar tersebut, Sekretaris UGM Andi Sandi menyatakan bahwa pihaknya masih mencari tahu siapa sosok yang dimaksud sebagai Rektorat UGM yang mengeluarkan pelarangan tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title