Polres Bitung Beberkan Kronologi Pemicu Bentrok Massa Pro Israel dan Palestina, Ternyata Karena Ini

Laskar Manguni kibarkan bendera Israel di Kota Bitung, Sulut
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung Polisi mengungkapkan kronologi bentrok antara massa aksi bela Palestina dan ormas pro-Israel di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut). Menurut Kepolisian Resort Bitung, bentrok tersebut terjadi karena adanya kesalahpahaman antara kedua kelompok tersebut.

Usai Unggah Foto Starbucks di Mekkah, Zita Anjani Malah Tantang Balik Masyarakat Soal Ini

Kapolres Bitung, AKBP Tommy Bambang Souissa, menjelaskan bahwa bentrok antar kelompok tersebut bermula saat salah satu ormas merayakan HUT ke-12 di GOR Dua Saudara, Bitung pada Sabtu, 25 November 2023, sore hari.  

Laskar Manguni bakar bendera Palestina di Kota Bitung, Sulut

Photo :
  • Viva.co.id
Perang di Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Bantu Iran Hadapi Balas Dendam Israel

"Awalnya ada acara yang digelar salah satu LSM sedang melaksanakan HUT yang ke-12. Mereka itu LSM masyarakat adat yang tengah menggelar acaranya di GOR Dua Saudara," ungkap Tommy kepada wartawan Sabtu malam 26 November 2023.

Tommy mengungkapkan bahwa acara LSM tersebut telah mendapatkan izin resmi dari pemerintah dan kepolisian karena merupakan kegiatan kebudayaan.

Heboh! Buku Karya Sarjana Isarel Ini Diduga Jadi Penyebab Zara Lepas Hijab

"Kegiatan mereka sudah mendapatkan izin resmi baik dari Kesbangpol baik dari kepolisian untuk kegiatan itu, karena untuk kebudayaan," katanya. 

Ketika acara ormas LSM tersebut sedang berlangsung, massa aksi bela Palestina melintas di lokasi yang sama, sehingga terjadi kesalahpahaman yang menyebabkan bentrokan tidak terelakkan.

Halaman Selanjutnya
img_title