Anak Gunung Krakatau Kembali Erupsi

Gunung Anak Krakatau
Sumber :
  • Istimewa

Bandung – Kabar terjadinya erupsi Gunung Anak Krakatau, Lampung pada tanggal 25 Juni 2022 pukul 17:12 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 400 m di atas puncak (± 557 m di atas permukaan laut). Kolom Abu tersebut teramari berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong kea rah barat daya. Sementara erupsi Gunung Anak Krakatau ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 49 mm dan durasi ±  30 detik.

Klarifikasi Gus Samsudin Pembuat Video Aliran Sesat Boleh Tukaran Istri

Saat ini suara dentuman tidak terdengar dan Gunung Anak Krakatau berada pada Status Level III (Siaga). Kepala Badan Geologi, Eko Budi Lelono Kaban juga menghimbau, untuk masyarakat/pengunjung/wisatawan/pendaki tidak mendekati kawasan sekitar Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif.

Informasi tambahan, Gunung Api Anak Krakatau terletak di Kab\Kota Lampung Selatan, Lampung dengan posisi geografis di Latitude -6.102°LU, Longitude 105.423°BT dan memiliki ketinggian 157 mdpl.

Kata Gus Samsudin Soal Aliran Sesat Boleh Tukar Istri

Gunung Api Anak Krakatau ini mengalami 3 kali gempa Letusan/Erupsi dengan amplitudo 47-49 mm, dan lama gempa 16-40 detik, 7 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 14-54 mm, dan lama gempa 22-40 detik, 70 kali gempa Low Frequency dengan amplitudo 15-50 mm, dan lama gempa 4-17 detik, 5 kali gempa Vulkanik Dangkal dengan amplitudo 10-34 mm, dan lama gempa 5-10 detik dan 1 kali gempa Tremor Menerus dengan amplitudo 2-35 mm, dominan 3 mm. 

Untuk sumber data dari KESDM, Badan Geologi, PVMBG dengan Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau. Infromasi bisa dilihat dalam laman https://magma.esdm.go.id/v1/gunung-api/informasi-letusan dan media sosial PVMBG https://linktr.ee/PVMBG

Memanas! Panglima Manguni Tantang Selesaikan Permasalahan Bahar bin Smith Secara Adat