Puting Beliung Terjang Bandung-Sumedang, Ini Analisis Cuaca hingga Rekomendasi BMKG Jabar

Ilustrasi Puting Beliung
Sumber :
  • VIVA.co.id

Bandung – Angin puting beliung menerjang kawasan perbatasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Rabu (21/2/2024) sore. Banyak atap rumah warga berterbangan hingga pagar PT. Kahatex, Bandung roboh.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 25 April 2024

Detik-detik angin puting beliung yang menerjang kawasan Sumedang-Bandung itu pun viral di media sosial dan WhatsApp Group.

Sehingga BMKG Jawa Barat akhirnya merilis analisis cuaca sementara setelah kejadian nahas tersebut.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Kamis 25 April 2024

Analisis Cuaca Sementara:

1. Suhu muka laut di sekitar wilayah Indonesia relatif hangat, mendukung penambahan suplai uap air ke wilayah Indonesia termasuk wilayah Jawa Barat dan sekitarnya, selaras dengan kelembapan udara di lapisan 850-500 mb yang relatif basah yakni antara 45-95 %.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 25 April 2024

2. Terpantau adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat Pulau Sumatera yang mengakibatkan terbentuknya area netral poin dengan area pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) serta belokan angin (shearline) berada di sekitar wilayah Jawa Barat, kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan disekitar wilayah konvergensi dan belokan angin tersebut.

3. Indeks labilitas berada pada kategori labil sedang hingga tinggi di sebagian wilayah Jawa Barat berpotensi meningkatkan aktivitas pertumbuhan awan konvektif pada skala lokal.

Halaman Selanjutnya
img_title