Cek Fakta: Bolehkah Menggunakan HP di SPBU? Ini Alasan Pertamina

Dilarang menggunakan HP di SPBU
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Masyarakat yang akan membeli bahan bakar mesin (BBM) dengan jenis Pertalite dan Solar subsidi kini diwajibkan menggunakan aplikasi MyPertamina.

Selamat Anda Mendapatkan Saldo DANA Gratis Rp700 Ribu Hari Ini Jumat 17 Mei 2024

Aplikasi MyPertamina sendiri dapat diunduh di smartphone (HP), dengan kata lain, masyarakat yang hendak membeli BBM harus membuka HP saat bertransaksi.

Mungkin jadi pertanyaan di benak masyarakat ihwal kebijakan penggunaan aplikasi tersebut, pasalnya di setiap stasiun pengirian bahan bakar umum (SPBU) tertera larangan meenggunakan HP.

Nonton di HP Saja, Ini LINK Gratis Film Vina Sebelum 7 Hari Full Movie

Pengamat telekomunikasi Indonesia Ridwan Effendi menyatakan, penggunaan HP di SPBU masih aman. Namun, hal itu juga masih jadi kontroversi di kalangan ahli.

"Penggunaan HP di SPBU sebetulnya di kalangan ahli masih ada kontroversi. Ditinjau dari sisi radiasi sebetulnya sangat kecil," kata Ridwan, dikutip dari laman instagram resmi @mypertamina, Jumat, 1 Juni 2022.

LINK Gratis Film Vina Sebelum 7 Hari Full Movie, Nonton di HP Saja

Ridwan menuturkan, hal yang paling dikhawatirkan adalah radiasi yang dihasilkan bisa menyebabkan ionisasi dan pada akhirnya memicu percikan api.

Dia menambahkan, untuk instalasi kilang minyak dan gas, terdapat zona tertentu yang tidak diperbolehkan sama sekali menggunakan perangkat yang dapat memicu radiasi.

Halaman Selanjutnya
img_title