Proyek Underpass Cibiru dalam Kajian, Mulai Dibangun Tahun Depan?

Ilustrasi underpass Cibiru, Kota Bandung
Sumber :
  • Twitter DSDABM Kota Bandung

Bandung – Proyek underpass Cibiru masih dalam kajian Pemkot Bandung. Kemungkinan mulai berjalan pada tahun 2023.

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini, Rabu 15 Mei 2024

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengungkapkan, pihaknya masih melakukan penyusunan terkait detailed engineering design (DED) untuk underpass Cibiru.

Selain itu, jelas Yana, yang menjadi kendala dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur tersebut adalah kebutuhan anggaran yang cukup besar.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Selasa 14 Mei April 2024

"Kebutuhan anggarannya lebih dari Rp200 miliar. Apabila anggarannya hanya dari Pemkot Bandung, tak bakal sanggup. Kami sangat membutuhkan dukungan dari Pemprov Jawa Barat," ucap Yana, Rabu 29 Juni 2022.

Selain underpass Cibiru, Pemkot Bandung berencana akan membangun jalan layang atau flyover Kiaracondong. Di mana diungkapkan Yana, proyek tersebut masih dalam proses kajian, termasuk dalam indentifikasi status lahan.

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini, Selasa 14 Mei 2024

"Keinginannya mah bisa segera (pembangunan fisik). Melihat selintas, ada lahan milik Kota Bandung cukup luas di area setempat. Artinya, pembebasan lahan tampak tidak banyak. Akan tetapi, saat ini masih dalam tahap kajian, termasuk identifikasi lahan," ucap Yana.

Terkait pembebasan lahan untuk keperluan pembangunan flyover Kiaracondong akan berlaku pada pembagian antara Pemprov Jabar dengan Pemkot Bandung.

Halaman Selanjutnya
img_title