Pilot dan Copilot Batik Air Tertidur 28 Menit di Udara, Ini Penjelasan Pihak Maskapai

Pesawat Batik Air.
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung Maskapai penerbangan Batik Air mengungkapkan tentang kejadian pilot dan kopilot yang tertidur selama 28 menit saat pesawat sedang terbang dari Kendari menuju Jakarta. Maskapai tersebut mengumumkan bahwa mereka telah sementara menonaktifkan pilot tersebut.

Hati-hati! Jangan Berani Mudik Pakai Motor Kalau Belum Lakukan Hal Ini

Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Batik Air, menyatakan bahwa keputusan ini diambil sebagai tindakan serius perusahaan dalam menjaga keselamatan penerbangan dan dalam rangka melakukan investigasi menyeluruh. 

Pesawat Batik Air

Photo :
  • Batikair.com
Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran Makin Hemat

"Pada 26 Januari 2024, Batik Air mengambil tindakan preventif dengan menonaktifkan (membebastugaskan) sementara pilot penerbangan nomor ID-6723, rute Kendari ke Jakarta yang bertugas pada 25 Januari 2024," ujar Danang kepada VIVA Bisnis Sabtu, 9 Maret 2024.

Danang menjelaskan bahwa Batik Air akan merespons hasil investigasi dan rekomendasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dengan sepenuhnya menerapkan semua rekomendasi keselamatan. 

Masih Jadi Misteri, Kotak Hitam Pesawat Smart Aviation yang Jatuh di Kalimantan Belum Ditemukan

"Sebagai bagian dari upaya tersebut, Batik Air memperkuat program pembinaan dan meningkatkan prosedur keselamatan operasional penerbangan terhadap semua awak pesawat," jelasnya. 

Dengan kebijakan waktu istirahat yang memadai jelas Danang, Batik Air menekankan kembali pemahaman akan pentingnya memaksimalkan waktu istirahat bagi awak pesawat agar tetap dalam kondisi prima sebelum melaksanakan tugas terbang. 

Halaman Selanjutnya
img_title