Tok! Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan 1445 H Jatuh Pada Selasa 12 Maret 2024

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung - Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas, mengumumkan awal Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Pertama dalam Sejarah, Umat Islam di Indonesia Akan Mengalami 2 Kali Ramadhan dalam 1 Tahun

Dengan begitu, seluruh masyarakat di Tanah Air bisa menjalankan ibadah puasa mulai lusa esok.

Penetapan Ramadhan di hari Selasa, dikarenakan tinggi hilal di Indonesia tidak mencapai kriteria yang telah disepakati oleh MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu 3 derajat dengan elongasi 6,4.

Kapan Puasa Syawal Dilaksanakan? Begini Anjuran dan Keutamaannya

"Oleh karena itu berdasarkan hisab posisi hilal di beberapa daerah di Indonesia sudah di atas ufuk dan tidak memenuhi kriteria MABIMS baru serta ketiadaan laporan melihat hilal, sidang isbat secara mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada hari Selasa, tanggal 12 Maret 2024 Masehi," kata Gus Yaqut dalam konferensi pers di Kantor Kemenag RI, Minggu 10 Maret 2024.

Sidang Isbat

Photo :
  • Istimewa
Bolehkah Suami Istri Melakukan Hubungan Badan Saat Malam Takbiran?

Masih dalam kesempatan yang sama, Gus Yaqut menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menghormati perbedaan awal Ramadhan di Indonesia.

"Kita ketahui ada beberapa perbedaan dan itu lumrah saja, namun kita tetap harus saling menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi sehingga terciptanya suasana yang kondusif," pungkas dia.