Diskominfo Jabar Dorong Sosialisasi Cegah Hoaks Jelang Pilkada Serentak 2024

Stop hoax.
Sumber :
  • pinterest

VIVA Bandung - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat mendorong dinas terkait di Kabupaten dan Kota mensosialisasikan informasi terkait bahaya berita hoaks jelang Pilkada serentak pada November 2024

Ternyata Anies Gagal Maju di Pilgub Jakarta dan Jabar Karena Dijegal oleh Sosok Ini, Kata Ono Surono

Hal itu disampaikan Jabar Saber Hoaks (JSH) dalam rangkaian IKP Fest 2024 di Kabupaten Karawang, Jumat, 19 Juli 2024. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar, Ika Mardiah mendorong unit saber hoaks yang terdapat di 27 Kabupaten dan Kota mencegah hoaks dari sejak dini, bukan hanya saat gelaran Pilkada saja. 

Anies Baswedan Batal Maju di Pilkada Jawa Barat

"Deteksi dini potensi hoaks itu sebaiknya dilakukan segera untuk mencegah tersebar luas," kata Ika Mardiah. 

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua JSH Jabar, Alfianto Yustinova, ia mendorong pihak-pihak terkait di daerah untuk mensosialisasikan pencegahan hoaks kepada masyarakat. 

Masa Depan Karir Politik Anies Baswedan Terancam Jika Gagal Maju di Pilkada Jakarta 2024

"Sosialisasi langkah cegah hoaks juga harus terus dilakukan agar masyarakat lebih aware dan tidak mudah termakan hoaks," tegas Alfian.  

Pada kesempatan tersebut, Ketua Program Studi Ilmu Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Mudiyati Rahmatunnisa, yang hadir sebagai pembicara utama dalam bincang "Penguatan Unit Saber Hoaks Daerah Jelang Pilkada Serentak 2024", mengatakan, berita hoaks setiap menjelang pesta politik lima tahunan di Indonesia selalu besar, terlebih Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah pengguna media sosial terbanyak. 

Halaman Selanjutnya
img_title