Elektabilitas Petahana Anne Ratna Mustika di Pilkada Purwakarta Merosot Tajam

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika
Sumber :
  • Instagram @anneratna82

 

Hasil Survei Indikator : Dedi Mulyadi - Erwan Setiawan Unggul Telak di Pilgub Jabar

Bandung, VIVA - Lembaga survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network Denny JA mengekspose hasil survei elektabilitas calon bupati di Pilkada Purwakarta 2024. Hasil survei menunjukan elektabilitas petahana dari Partai Golkar yaitu Anne Ratna Mustika menurun, sementara calon dari Partai Gerindra yaitu Saeful Bahri Binzen atau yang dikenal Om Zen, meningkat drastis.

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI, Toto Izul Fatah, menjelaskan, survei dilakukan dari tanggal 3–7 September 2024, menggunakan metode standar multistage random sampling, jumlah responden 440 melalui wawancara tatap muka dan dengan margin of error 4,8 persen.

Dedi Mulyadi Temukan Anak Harus Berenang Nyebrang Untuk Sekolah di Sukabumi

Menurut Toto, dari survei tiga bulan sebelumnya yaitu Juni 2024 Om Zen memiliki tren elektabilitas 27,7 persen dibawah Anne Ratna Mustika dengan 32,7 persen. Namun, saat ini Om Zen memiliki tren elektabilitas 46,1 persen, sedangkan, Anne Ratna merosot dengan tren elektabilitas 29,3 persen.

Toto menjelaskan, dalam simulasi pasangan pun, Om Zen – Abang Ijo dengan elektabilitas 53,4 persen, meninggalkan jauh seluruh pasangan calon lainnya. Termasuk, Anne Ratna Mustika – Budi Hermawan yang merosot ke 25,2 persen. Sementara pasangan lainnya, Yadi Rusmayadi – Pipin Sopian 15,2 persen, dan Zainal Arifin – Sona Maulida 4,1 persen. 

Dedi Mulyadi Ungkap Ada Lawan Politik Instruksikan Buat 100 Akun Sebar Kampanye Hitam

“Dari data terbaru LSI Denny JA itu, saya harus sampaikan, jika tak ada tsunami politik, pasangan Om Zen – Abang Ijo yang potensial  memenangkan kontestasi pada Pilkada Purwakarta November mendatang,” katanya, Rabu 11 September 2024.

Menurut Toto, peluang duet Om Zen – Abang Ijo ini sangat besar karena memiliki tren naik dari survei sebelumnya. Sementara kompetitor utamanya, pasangan Anne Ratna – Budi Hermawan punya tren menurun. Dari pengalaman selama ini, calon yang memiliki elektabilitas dengan tren turun, biasanya akan terus menurun.

Halaman Selanjutnya
img_title