Faktor Penyebab Kemacetan di Bandung, Minimnya Kesadaran Berlalulintas

Ilustrasi kemacetan arah bogor
Sumber :
  • PMJ News

BANDUNG – Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kemacetan di Kota Bandung, salah satunya yakni karena minimnya kesadaran berlalulintas. Demikian dikatakan Kepala Bidang Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan Kota Bandung, Asep Kuswara beberapa waktu lalu.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Selain itu, Asep menjelaskan, bertambahnya volume kendaraan tidak ditunjang dengan penambahan kapasitas jalan pun menjadi faktor penyebab kemacetan di Kota Bandung.

"Jadi sebenarnya banyak faktor penyebab kemacetan yang terjadi di Kota Bandung. Selain menambahan volume kendaraan pada waktu ataupun jam terntentu, juga karena kondisi jalan di Kota Bandung yang tidak mengalami perubahan, belum lagi tingkat kesadaran berlalulintas yang masih kurang," jelas Asep.

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Hari libru lebaran, jalan di Lembang macet

Photo :
  • Instagram

Berbagai upaya pun telah dilakukan, seperti menerapkan sistem ganjil genap yang dinilai cukup efektif mengurangi angka kemacetan.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Kamis 18 April 2024

"Penerapan sistem ganjil genap saat PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) cukup efektif saat diberlakukan di lima gerbang tol masuk Kota Bandung serta di beberapa titik jalan karena volume kendaraan menurun. Namun saat ini di saat semua aktivitas kembali normal volume kendaraan dan aktivitas warga Kota Bandung serta luar Kota Bandung sangat tinggi di Kota Bandung," ungkap Asep.

Selain itu, menurut Asep, untuk meminimalisir kemacetan, jajaran Dishub Kota Bandung juga menggencaarkan razia pengembokan dan pengembosan parkir liar. Bahkan pada waktu-waktu tertentu dilakukan penderekan bagi kendaraan roda empat dan mengangkut sepeda motor yang melakukan parkir sembarangan.

Halaman Selanjutnya
img_title