Kolaborasi Elemen Daerah Kembangkan Wisata Pelosok Jabar Prioritas

Wisata Citamiang camping ground Bogor
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG - Pembangunan kawasan wisata dengan melibatkan masyarakat menjadi salah satu rencana Pemda Provinsi Jabar dalam mengembangkan sektor pariwisata Jabar Selatan. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar Benny Bachtiar saat menghadiri Cycling de Jabar 2022 di Pantai Palangpang, Kabupaten Sukabumi.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 19 April 2024

"Kenapa demikian? Karena, tadi, lahan-lahan yang ada di sepanjang Jabar Selatan kebanyakan ini adalah lahan-lahan milik masyarakat. Daripada itu dijual kepada investor, lebih baik dikerjasamakan melalui BUMDes. Nanti BUMDes permodalannya dibantu dari bjb," ujar Benny dalam keterangannya, Minggu 28 Agustus 2022.

Menurut Benny, dengan adanya permodalan dari perbankan, masyarakat melalui BUMDes bisa membangun fasilitas pendukung objek wisata seperti camping ground dan homestay. "Dan masyarakat dengan pandemi kemarin ini mengajarkan bahwa wisata yang paling aman ini adalah wisata alam, itulah yang akan kami dorong," tuturnya.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Kadisparbud Jabar, Benny Bachtiar

Photo :
  • Dok. Disdik Jabar

Benny berharap, dengan konsep tersebut, masyarakat dapat menerima manfaat yang luar biasa sekaligus menggerakkan perekonomian di Jabar Selatan. "Makanya juga kami bekerja sama dengan dinas-dinas terkait, yang diinisiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang melibatkan 11 stakeholder, yang tujuannya untuk konsentrasi penuh kepada pembangunan Jabar Selatan yang seperti diharapkan oleh Pak Gubernur," katanya.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 18 April 2024

Jika pengembangan wisata dengan melibatkan masyarakat terwujud, kata Benny, Jabar Selatan akan berkembang pesat. Ia juga berharap setiap daerah di Jabar Selatan memiliki destinasi wisata unggulan. 

Halaman Selanjutnya
img_title