Tambang Freeport Pakai Teknologi 5G Mining, Pertama di Asia Tenggara

Presiden Jokowi saat meninjau Tambang Grasberg
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

BANDUNG – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan teknologi 5G Mining di PT Freeport Indonesia (PTFI), di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis 1 September 2022. Teknologi 5G Mining ini merupakan kerja sama antara PTFI dan Telkomsel, dan merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

Dewan Kehormatan PDIP Sebut Gibran Rakabuming Raka Sudah Keluar dari Partai

"Hari ini kita buktikan bahwa kita telah bergerak lebih maju dengan menerapkan 5G Smart Mining pertama di Asia Tenggara, oleh PT Freeport Indonesia yang didukung PT Telkomsel," kata Jokowi dalam sambutannya, Kamis 1 September 2022.

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara menekankan pentingnya intervensi teknologi untuk memajukan sektor pertambangan di Indonesia, yang umumnya berada di daerah terpencil dan sulit terjangkau serta tantangan geografis dan konektivitas yang tidak mudah.

Luhut Bocorkan Obrolan Bos Apple dan Presiden Jokowi, Jadi Investasi di IKN?

Presiden Jokowi saat meninjau Tambang Grasberg

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Murut Jokowi, penerapan teknologi 5G Mining mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh sekaligus meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas PT Freeport Indonesia.

Momen Idul Fitri 1445 Hijriah, Ini Harapan dan Pesan Presiden Jokowi

"Melalui teknologi 5G underground smart mining ini betul-betul aktivitas pertambangan di bawah tanah bisa dimonitor menggunakan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan dan mencegah serta meminimalkan risiko kecelakaan kerja," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi telah meninjau secara langsung penggunaan teknologi tersebut di tambang Grasberg milik PTFI. Jokowi mengaku senang karena teknologi mutakhir ini diawaki oleh sumber daya manusia (SDM) dalam negeri khususnya Papua.

Halaman Selanjutnya
img_title