Kenaikan BBM Sengaja Diumumkan Hari Libur, Takut Didemo Besar-besaran

Nozzle BBM Pertalite dan Pertamax di SPBU Abdul Muis
Sumber :
  • ANTARA PHOTO/M Agung Rajasa/ss/aww

BANDUNG – Pengamat politik, Ujang Komaridun menilai, pemerintah telah merencanakan matang-matang untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada hari libur, Sabtu 3 September 2022.

Peneliti BRIN Sebut Oposisi akan Lemah di Pemerintahan Prabowo-Gibran, Tinggal PKS dan PDIP

Pria yang juga merupakan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu mengatakan, jika tidak disiapkan secara matang tentu akan memicu penolakan berupa demonstrasi besar-besaran sehingga diyakini memang sengaja kenaikan dilakukan pada hari libur.

"Karena pemerintah tahu kalau tidak disiapkan dengan matang akan berdampak pada adanya demonstrasi besar-besaran. Jadi, sudah matang mereka merencanakan itu jadi tidak mungkin pemerintah tidak punya persiapan yang matang terkait kenaikan BBM tersebut," katanya dikutip dari VIVA, Sabtu, 3 September 2022.

Pemerintah Pusat Instruksi Seluruh Pemda Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Petugas SPBU mengganti papan Harga BBM.

Photo :
  • VIVA/Foe Peace

Buntut menaikan harga BBM secara mendadak pada 3 September, katanya, kepercayaan masyarakat kepada Presiden Joko Widodo disebut bakal makin rendah. Kepercayaan masyarakat pada Jokowi bakal turun karena eks gubernur DKI Jakarta itu tidak merealisasikan janjinya saat pemilihan presiden lalu.

KK KTP Anda Dapat Saldo DANA Gratis Rp700 RIbu, Buruan Klaim Lewat Link Ini!

"Masyarakat enggak mau tahu Jokowi, pemerintah diberi mandat oleh rakyat di pilpres menang gitu untuk menstabilkan harga, menyejahterahkan masyarakat, menyiapkan lapangan kerja, dan lain sebagainya, sesuai janji kampanye Jokowi," kata dia.

Alih-alih menepati janjinya saat kampanye, tindakan Jokowi menaikkan harga Pertalite, Pertamax 92, dan Solar pada hari ini malah akan membuat masyarakat makin susah dan menderita. Sebabnya, harga bahan pokok tentu akan naik.

Halaman Selanjutnya
img_title