Liz Truss Resmi Terpilih Jadi Perdana Menteri Luar Negeri Inggris

Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris Liz Truss
Sumber :
  • AP Photo/Kirsty Wigglesworth

Bandung – Mary Elizabeth Truss atau yang dikenal Liz Truss kini resmi terpilih sebagai Perdana Menteri Inggris, pada Senin, 5 September 2022. 

Ratusan Rudal Iran Hujani Kota Tel Aviv, Israel Langsung Minta Bantuan AS-Inggris

Liz Truss menggantikan Boris Johnson yang menyatakan pengunduran diri pada Juli 2022 lalu. Setelah terpilihnya dengan memenangkan perolehan suara terbanyak dalam pemilihan kepemimpinan Partai Konservatif, yakni partai berkuasa di Inggris. 

Kemenangan Liz Truss sebagai Menteri Luar Negeri Inggris telah berhasil mengalahkan rivalnya, Rishi Sunak, mantan kepala Departemen Keuangan Rishi Sunak. Suara yang diperoleh oleh Truss unggul 81.326 suara dari 170.000 anggota Partai Konservatif yang berhak memilih, sementara Sunak meraih 60.399 suara. 

Dihujat Netizen Usai Sebut Bahasa Indonesia Miskin Kosakata, Ini Klarifikasi Indah G

Calon Perdana Menteri Inggris, Lizz Truss dan Rishi Sunak

Photo :
  • AP

Ratu Elizabeth II secara resmi dijadwalkan akan melantik Truss sebagai perdana Menteri Inggris pada Selasa. Pelaksanaan upacara berlangsung di perkebunan Balmoral Ratu di Skotlandia, tempat raja menghabiskan musim panasnya. 

Nikita Mirzani Kecam Vadel Badjideh dan Keluarga, Tuding Sudah Cuci Otak Loly

Sebelumnya, Inggris mengalami kekosongan kepemimpinan selama dua bulan usai Boris Johnson lengser lantaran ketidakpuasan publik tumbuh di tengah melonjaknya biaya energi dan makanan. 

Hingga akhirnya pada 7 Juli, Perdana Menteri Boris Johnson tidak membuat keputusan kebijakan besar sejak mengumumkan telah mengundurkan diri. Namun, para pejabat masih bersikeras bahwa langkah-langkah untuk mengatasi krisis biaya energi akan bisa ditangguhkan sampai ada penggantinya.

Halaman Selanjutnya
img_title