Situs Bawaslu di Sumatera Barat Dibobol Hacker BCT

Ilustrasi hacker
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Gerombolan hacker atau peretas yang menamakan diri mereka Banyumas Cyber Team (BCT) melakukan aksi pembobolan sejumlah situs resmi Badan Pengawas Pemilu di Sumatera Barat. Situs Bawaslu Padang, Bukittinggi, Pesisir Selatan, Sijunjung, Tanah Datar, dan Bawaslu Padang Panjang, beberapa yang diretas sejak beberapa hari lalu.

Sekelompok Massa Geruduk Gedung KPU, Tuntut Pembubaran KPU dan Bawaslu

Keenam situs Bawaslu yang diretas tersebut, hingga kini belum pulih. Pada laman tampilan masih berwarna putih. Bahkan sempat muncul tampilan bergambar karikatur dengan keterangan Banyumas Cyber Team (Javanese Team).

Belum diketahui apa motif sesungguhnya dari hacker tersebut. Hasil penelusuran, Senin 26 September 2022 pada situs Bawaslu Agam dan Kota Solok yang sebelumnya terpantau juga diretas, saat ini sudah pulih.

Ketua KPU: Surat Suara Tertukar dan Telah Tercoblos Dinyatakan Sah

Komisioner Bawaslu Sumatera Barat Benny Aziz menyebutkan saat ini pihaknya sedang bekerja untuk memulihkan kembali situs-situs Bawaslu daerah yang diretas.

Ilustrasi hacker

Photo :
  • Pixabay
Usai Bawaslu, Kini Jokowi Naikkan Gaji Para Pimpinan Komnas HAM

"Tim operator sedang berupaya memulihkan kembali situs Bawaslu daerah yang diretas. Tampilan depan situs yang diubah peretas," kata Benny Aziz.

Apakah persoalan ini akan berbuntut pada laporan kepolisian, menurut Benny, hingga kini belum ada keputusan terkait hal itu. Pada pukul 10.00 WIB hari ini, Bawaslu menggelar rapat pleno yang mana salah satu bahasan yang akan diangkat yakni terkait apakah persoalan peretasan ini dilaporkan ke polisi atau tidak.

Halaman Selanjutnya
img_title