Bjorka Ungkit Kasus Ferdy Sambo-Kenaikan BBM saat Retas Pemprov Sultra

Hacker Bjorka
Sumber :
  • Tangkap layar

BANDUNG – Hacker Bjorka kembali beraksi, kali ini bukan me-posting kebocoran data. Bjorka kali ini meretas website Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Akibat peretasan itu, Pemprov Sultra kini mematikan server situs resmi mereka. Langkah itu diambil untuk memulihkan kembali situs yang diretas.

Dewan Kehormatan PDIP Sebut Gibran Rakabuming Raka Sudah Keluar dari Partai

Kepala Diskominfo Sultra Ridwan Badalah menuturka peretasan yang dilakukan Bjorka terhadap situs resmi Pemprov Sultra terbilang ringan. Sebab, Bjorka hanya menyinggung soal keadilan di website sultra.prov.go.id dengan menuliskan pesan yang cukup panjang.

"Retasnya dia cuma masuk ke permukaan saja. Dia hanya menampakkan diri bahwa kami ada. Dia mengatasnamakan Bjorka," ujar Ridwan saat dimintai konfirmasi, Senin 26 September 2022.

Luhut Bocorkan Obrolan Bos Apple dan Presiden Jokowi, Jadi Investasi di IKN?

Dia menjelaskan bahwa situs resmi Pemprov Sultra diretas hacker Bjorka sejak beberapa hari yang lalu wilayah Kota Kendari saat mengalami pemadaman listrik.

"Kemarin mati lampu saat server semua mati mereka masuk lewat situ," katanya.

Momen Idul Fitri 1445 Hijriah, Ini Harapan dan Pesan Presiden Jokowi

Ridwan menyebut bahwa pihaknya memastikan bisa melakukan perbaikan. Dia hanya perlu menunggu waktu agar situs resmi Pemprov Sultra bisa pulih sepenuhnya. Ridwan juga mengaku bahwa tim cyber Pemprov Sultra telah turun tangan sejak awal peretasan terjadi. Komunitas hacker di Kendari juga disebutnya ikut membantu memulihkan situs tersebut.

"Langkah pertama kita matikan servernya dulu tadi malam, habis itu kami sudah mitigasi. Sekarang sudah kita mitigasi, Insyaallah sudah penyelesaian," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title