Temuan Ikan Berformalin dan Daging Busuk di Pasar Tradisional

Ilustrasi daging impor beku
Sumber :
  • ANTARA

BANDUNG – Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat sebut pihaknya banyak menemukan ikan asin mengandung formalin dan daging busuk di sejumlah pasar tradisional di wilayah Jakarta Pusat.

Pinkan Mambo Ngaku Rumah Arya Khan Bikin Tak Betah, Ini Kondisinya

Kepala Seksi (Kasie) Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Jakarta Pusat, Ilhamsyah mengatakan pihaknya mendapati ikan asin dan daging tidak layak konsumsi saat pengawasan bahan pangan di pasar tradisional

"Yang sering kita dapati itu ikan asin mengandung formalin dan daging busuk. Penemuan itu ada di pasar tradisional di Jakarta Pusat milik Pasar Jaya," ucap Ilhamsyah, Senin, 26 September 2022.

Rumah Arya Khan Dekat Pasar dan Becek, Ini Reaksi Pinkan Mambo Pas Malam Pertama

Ilhamsyah mengatakan bahwa pihaknya juga pernah melakukan penelurusan dari mana ikan tersebut berasal. Dalam penelusuran didapati ikan berasal dari Muara Angke, Jakarta Utara tempat para pedagang membeli.

"Rata-rata mereka mengambil dari daerah Muara Angke," ungkapnya.

Pinkan Mambo Nangis, Rumah Arya Khan Dekat Pasar dan Becek

Di tempat terpisah, Manager Pemasaran Pasar Jaya, Gatra Vaganza mengatakan pihaknya pernah mendapat laporan adanya pedagang yang membandel jual bahan pangan tidak layak. Pihak pasar pun telah memberikan sanksi kepada para pedagang.

"Mereka umumnya hanya mengambil dagangan dari wilayah lain, dan tidak tahu apakah makanan tersebut berbahaya atau tidak. Jadi kita hanya memberikan surat peringatan saja kepada pedagang," ucapnya.