Survei: Publik Lebih Percaya Kapolri Ketimbang Institusi Polri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo RDP dengan Komisi III DPR
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

BANDUNG – Hasil terbaru survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebutkan bahwa tingkat kepercayaan publik terhadap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo lebih tinggi dibandingkan dengan kepercayaan publik terhadap institusi Polri yang dipimpinnya pascamencuat kasus pembunuhan oleh Ferdy Sambo. Diketahui Ferdy Sambo merupakan Kadiv Propam Polri yang dinonaktifkan dan lalu dipecat setelah skandal pembunuhan ajudannya yang diotaki Sambo terungkap.

Tragedi Bus SMK Lingga Kencana di Subang: Sopir Terancam Tersangka, Ini Penjelasannya

Survei LSI Denny JA ini digelar pada 11-20 September 2022 terhadap 1.200 responden dengan pengambilan sampel menggunakan metode multi stage random sampling. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error dari survei plus minus 2,9 persen.

"Kalau lihat dari hasil survei yang percaya pada pribadi Kapolri lebih tinggi dibandingkan percaya kepada polisi," ujar peneliti Senior LSI Denny JA Ardian Soba dalam konferensi secara virtual pada Selasa, 18 Oktober 2022.

Saldo DANA Gratis Rp200 Ribu Tanpa Ribet Buat Kamu, Buruan Klaim Disini

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya

Soba menuturkan, pascakasus Ferdy Sambo, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit berada di angka 65 persen. 

Daftar Polri 2024, Ini Link Download PDF Contoh Surat Persetujuan Orang Tua

Sementara publik yang tidak puas terhadap Kapolri sebanyak 20,9 persen dan publik yang tidak menjawab atau tidak tahu sebanyak 14,1 persen. Hal ini berbeda cukup jauh dengan tingkat kepercayaan atau kepuasaan publik terhadap institusi Polri yang berada di angka 59,1 persen. 

Sementara yang kurang percaya atau tidak percaya sama sekali terhadap Polri sebanyak 37,6 persen dan sisanya tidak tahu atau tidak menjawab.

Halaman Selanjutnya
img_title