Federasi Kontras Sebut TGIPF Kanjuruhan Dikerjain Polisi

Sekjen Federasi KontraS Andy Irfan
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

BANDUNG – Sekjen Federasi Kontras Andy Irfan yang tergabung dalam Tim Gabungan Aremania bakal melapor kepada Presiden Joko Widodo dam Divisi Propam Polri atas hilangnya potongan rekaman CCTV di Stadion Kanjuruhan, Malang. Dia bahkan menganggap Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan yang dipimpin Menko Polhukam Mahfud MD bak sedang dikerjai polisi.

Daftar Polri 2024, Ini Link Download PDF Contoh Surat Persetujuan Orang Tua

"Tiga jam kalau enggak salah dari rekaman CCTV hilang. Saya tidak tahu kepolisian ini memang kerja atau mengerjain sih. Kalau TGIPF dikerjain gimana yang lain," kata Andy di Malang, Jawa Timur pada Rabu, 19 Oktober 2022.

Adapun dalam laporan TGIPF rekaman CCTV sempat merekam pergerakan kendaraan barakuda polisi yang akan mengangkut tim Persebaya Surabaya keluar dari Stadion Kanjuruhan. Tetapi pada pukul 22.21 WIB rekaman CCTV hilang. Setidaknya, rekaman CCTV dihapus dengan durasi waktu 3 jam 21 menit.

Daftar Polisi Bintara 2024 Sekarang Juga, Ini Syarat dan Cara Daftarnya: Dijamin Lulus!

Suasana rekontruksi tragedi Kanjuruhan

Photo :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal

"Saya kira TGIPF memiliki hak hukum dan hak politik karena memang dia dibentuk oleh Presiden RI untuk secara tegas dan bicara langsung. Kapolri agar seluruh barang bukti yang ada tidak ada dirusak oleh aparat kepolisian di lapangan maupun aparat kepolisian yang di bawah otoritas Polda Jawa Timur," ujar Andy.

Hati-hati Penipuan! Ini Cara Daftar Polisi Bintara 2024 yang Benar: Jangan Asal-asalan

Bahkan Andy bersama Aremania dalam waktu segera akan melaporkan sederet kejanggalan raibnya rekaman CCTV pada Presiden dan Propam Mabes Polri. Sebab, mereka menilai polisi justru melakukan penghambatan penegakan hukum.

"Polisi sebagai penegak hukum justru melakukan penghambatan. Menghambat upaya penegakan hukum, polisi sebagai aparatur yang mempunyai kewenangan untuk mengungkapkan fakta justru menghambat upaya proses itu sendiri. Kita akan melaporkan kepada Propam polri dan Presiden Jokowi," tutur Andy.

Halaman Selanjutnya
img_title