Polisi Iran Tembaki Ribuan Pengunjuk Rasa di Kampung Mahsa Amini

Lubang peluru di Shah Cheragh
Sumber :
  • Iranian Students' News Agency, ISNA via AP

BANDUNG – Pasukan keamanan Iran menembaki ribuan pengunjuk rasa yang berkumpul pada hari Rabu, 26 Oktober 2022 di kampung halaman Mahsa Amini untuk menandai 40 hari kematiannya, menurut sebuah kelompok hak asasi manusia dan video yang diverifikasi.

Perang di Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Bantu Iran Hadapi Balas Dendam Israel

Mahsa Amini, seorang warga Iran berusia 22 tahun asal Kurdi, meninggal pada 16 September, tiga hari setelah penangkapannya di Teheran oleh polisi moral karena diduga melanggar aturan berpakaian islami untuk wanita.

Kemarahan berkobar di pemakamannya dan dengan cepat memicu protes luas, wanita muda memimpin protes tersebut membakar jilbab mereka dan menghadapi pasukan keamanan, dalam gelombang kerusuhan terbesar di republik Islam selama bertahun-tahun.

Kawal Putusan Sengketa Pilpres 2024, PA 212 Gelar Istighosah Kubro di Depan Gedung MK

Meskipun langkah-langkah keamanan ditingkatkan, pelayat membanjiri Saqez di provinsi Kurdistan barat untuk memberikan penghormatan kepada Amini di makamnya pada akhir masa berkabung tradisional.

Melansir dari The Sundaily, Kamis 27 Oktober 2022, dalam gambar yang viral dari tempat kejadian, seorang wanita muda terlihat berdiri di atap mobil tanpa penutup kepala jilbab, melihat ke kejauhan di jalan raya yang penuh dengan puluhan kendaraan dan pelayat.

Serangan Masal Rudal Iran atas Israel Diwarnai Pekikan Takbir Kaum Muslimin

"Matilah diktator," teriak pelayat di pemakaman Aichi di luar Saqez, sebelum banyak yang terlihat menuju kantor gubernur di pusat kota, di mana media Iran mengatakan beberapa siap menyerang pangkalan militer.

"Pasukan keamanan telah menembakkan gas air mata dan menembaki orang-orang di alun-alun Zindan Kota Saqez,” kata Hengaw, sebuah kelompok hak asasi manusia yang berbasis di Norwegia yang memantau pelanggaran hak di wilayah Kurdi Iran, tanpa menyebutkan secara spesifik apakah ada yang tewas atau terluka.

Halaman Selanjutnya
img_title