IPB IPSi Berharap Pencak Silat Jadi Beladiri Utama TNI dan Polri

Wakil Ketua lPB IPSI, Muchamad Nabil Haroen
Sumber :
  • PB IPSI

Bandung – Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) berharap TNI dan Polri menjadikan pencak silat sebagai bela diri utama. Hal itu tak lepas dari upaya pelestarian pencak silat.

Tiga Atlet Sabet Medali Emas di Open Championship 2022

"Saya bermimpi bagaimana kemudian aparat ini menggunakan pencak silat sebagai bela diri utamanya. Seluruh prajurit baik TNI maupun Polri, kuasai pencak silat dulu baru yang lain," 

"Saya punya mimpi besar pencak silat jadi bela diri utama Polri dan TNI.  mereka menguasai dulu silat baru bela diri yang lain," ujar Wakil Ketua lPB IPSI, Muchamad Nabil Haroen.

Silat dan Wushu Indonesia Runner Up di ASEAN University Games

Lelaki yang akrab disapa Gus Nabil mengatakan tantangan pencak silat utamanya berada di bangsanya sendiri. Pasalnya ia menilai  pencak silat masih belum menjadi tuan di negerinya sendirinya.  

Pada era 1990-an, Nabil menuturkan, perguruan-perguruan silat pernah diundang oleh Panglima ABRI untuk mengajari anggotanya berlatih pencak silat. Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi perguruan pencak silat Indonesia. Namun, setelah berganti pimpinan berganti pula selera seni bela dirinya. 

Jelang Mudik Lebaran 2024, Pemerintah Siapkan Ini ke Para Pemudik

"Sebenarnya tidak masalah orang ingin menguasai karete tawkwondo atau beladiri apapun. Tapi kalo orang Indonesia, dia harus menguasai dulu silat. Kalau kita orang Indonesia tidak bangga dengan bela diri asli kita, maka jangan heran kalau disalip negara lain," paparnya.

Sehingga pihaknya meminta Pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk mendukung IPSI dalam membumikan pencak silat di tengah-tengah masyarakat. (hru)