Presiden Putin Ultimatum Sambo Harus Go Internasional

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin
Sumber :
  • Pinterest

 

BANDUNG - Nama Sambo belum lama ini memang menyita perhatian publik di tanah air. Begitu juga nama  'Sambo' sebagai salah satu beladiri asal Rusia yang banyak disoroti masyarakat dunia.

Dilansir dari viva.co.id, sambo secara singkat bisa diartikan sebagai tarung bebas yang dibumbui gulat. Dari silsilah bahasa, Sambo berasal dari kata SAMooborona Bez Oruzhiya. Dimana memiliki arti bela diri tanpa senjata.

Sambo juga merupakan perpaduan berbagai teknik beladiri. Mulai dari pukulan, tendangan, hingga kuncian diperkenalkan dalam sambi. Untuk kuncian, umumnya Sambo menyasar kaki lawan untuk dikunci, lalu mengakhiri  dengan efektif lewat pertarungan bawah.

Beladiri Sambo

Beladiri Sambo

Photo :
  • www.pzsambo.pl

Sebagai informasi, sambo memiliki lima cabang berbeda, yakni Combat Sambo, Freestyle Sambo, Bela Diri Sambo, Sambo Khusus, dan tentu saja Olahraga Sambo. Kelimanya punya ciri tersendiri meski punya dasar yang sama. 

Sebagai jalur prestasi olahraga kejuaraan dunia Sambo dimulai pada 1973. Dan terakhir pada 2021 didi Tashkent, Uzbekistan. 

Untuk mengenalkan ke masyarakat dunia, Presiden Rusia Vladimir Putin sempat melakukan kampanye Sambo sejak 2013 lalu. Lelaki nomor satu di Rusia itu berambisi agar Sambi masuk di kategori olahraga Olimpiade.

Beladiri Sambo

Beladiri Sambo

Photo :
  • www.pzsambo.pl

"Sambo sudah melintasi Rusia dan digemari banyak atlet di dunia. Saya harap Sambo bisa masuk Olimpiade," ujar Putin.

Menurutnya, Sambi merupakan jenis olahraga yang indah, dinamis dan mengkooptasi banyak olahraga tempur. (hru)