Radio Hoso Kyoku, Penyebar Berita Kemerdekaan RI dari Kota Bandung

Presiden RI ke 1 Ir. Soekarno
Sumber :
  • Pinterest

BANDUNG - Bila anda pernah melintas dan melihat Gereja Kristen Immanuel Jemaat Gloria di Jalan Moch. Toha, Kota Bandung, ada peristiwa bersejarah yang terjadi di sana.

Ibu Iriana Jokowi Ikut Berjoget Lagu Gemu Fa Mi Re di Upacara Kemerdekaan, Begini Liriknya

Ya, dulunya kawasan yang dikenal sebagai area industri yang dipenuhi hilir-mudik truk ekspedisi berukuran besar ini menjadi tempat pertama yang menyebarkan berita kemerdekaan Republik Indonesia, Agustus 77 tahun lalu.

Dilansir dari Humas Bandung, tempat itu kemudian diistilahkan Radio Republik Indonesia diperdengarkan untuk mengganti Radio Hoso Kyoku. Pimpinan siaran Radio Hoso Kyoku, R.A Darja yang pertama kali mengucapkan kalimat ikonik “di sini Bandung, siaran Radio Republik Indonesia”. Hingga kini, kalimat itu masih mengudara.

Wajib Hafal! Menuju Hari Kemerdekaan 17 Agustus, Ini Lirik Lagu Indonesia Raya

Dihimpun dari berbagai sumber, sejumlah pemuda Bandung pada 77 tahun silam berjuang untuk menyiarkan kabar kemerdekaan Indonesia melalui radio. Pergerakan ini dimulai sejak Mei 1945 dalam Kongres Pemuda Seluruh Jawa di Kota Bandung dengan agenda membahas upaya persiapan Proklamasi Kemerdekaan.

Cikal Bakal Radio Penyebar kemerdekaan RI

Photo :
  • Humas Bandung
HUT RI ke 77, Lomba 'Ngagubyag' Momen Dapat Rezeki Nomplok

Sederet rencana diputuskan, meski beberapa di antaranya tercatat gagal. Namun upaya terus berjalan hingga akhirnya teks proklamasi itu didapatkan dari Mohammad Adam (wartawan sekaligus kurir kepercayaan Adam Malik, pimpinan Antara kala itu).

Halaman Selanjutnya
img_title