Mengenal Telaga Warna Dieng, Diyakini Tempat Pemandian Para Dewi

Telaga Warna Dieng
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah

BANDUNG – Telaga Warna Dieng merupakan salah satu objek wisata yang terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Mengenal Xinjiang, Destinasi Wisata Muslim di Dataran China

Keindahan tempat wisata yang satu ini sudah dikenal oleh wisatawan lokal dan bahkan hingga ke luar negeri.

Telaga Warna ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang terjadi jutaan tahun lalu. Tempat yang satu ini juga menjadi favorit para pendaki yang diyakini sebagai tempat pemandian para Dewi.

5 Tempat Terbaik untuk Rayakan Malam Tahun Baru di Bandung

Telaga Warna ini bisa disebut sebagai salah satu ikon dari wisata Dieng selain Candi Arjuna. Saat hari libur, Telaga Warna biasanya akan diserbu oleh ribuan wisatawan yang berasal dari berbagai daerah. Berikut ulasan selengkapnya dikutip dari VIVA.

Asal Usul Nama Telaga Warna

Miliki Konsep Hunian Simple Modern, Harmony Sindangmulya Bidik Pasar MBR

Nama Telaga Warna dipilih lantaran tempat ini mempunyai keunikan fenomena alam yang terjadi di tempat ini, yaitu warna air dari telaga tersebut yang kerap berubah-ubah. Kadang telaga ini memunculkan warna hijau dan kuning atau bisa juga warna warni seperti pelangi. Fenomena itu bisa terjadi karena air mengandung sulfur yang cukup tinggi. 

Sebab itu, ketika sinar matahari mengenainya, maka warna air terlihat berwarna warni. Variasi warna tersebut dipengaruhi dengan cuaca, waktu, dan tempat melihatnya. Telaga Warna terletak di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut yang dikelilingi oleh bukit tinggi yang menambah pesona keindahan alam sekitar telaga warna. 

Halaman Selanjutnya
img_title