Museum Geologi, Tempat Wisata Edukasi Populer di Bandung

Museum Geologi
Sumber :
  • Instagram @geomuzee

BANDUNG – Museum Geologi Bandung merupakan bangunan bersejarah yang memiliki daya tarik para wisatawan lokal maupun mancanegara. Pemerintah mendirikan museum Geologi ini pada tanggal 16 Mei 1928. 

Mengenal Xinjiang, Destinasi Wisata Muslim di Dataran China

Kemudian direnovasi dengan bantuan pihak Jepang sehingga sekarang tetap dalam kondisi baik sebagai tempat wisata anak di bandung yang recomended untuk dikunjungi. Usai direnovasi, Museum Geologi bisa dikunjungi setelah dibuka kembali oleh Megawati Soekarno Putri tanggal 23 Agustus 2000.

Tak hanya sebagai tempat wisata, ternyata museum Geologi Bandung juga menjadi tempat tujuan study tour bagi para pelajar karena bangunan Museum Geologi tidak hanya bersejarah tetapi juga memiliki sifat edukasi yang mendidik anak-anak seperti observatorium bosscha Bandung. 

Tidak Mau Perseteruan Semakin Memanjang, Kartika Putri Ajak Richard Lee Edukasi Pakai Ilmu

Koleksi dari museum Geologi ini diantaranya fosil, bebatuan, dan juga mineral. Di museum bersejarah ini anak-anak juga bisa mempelajari peristiwa bencana alam, pemanfaatan sumber daya, mengolah energi, hingga mempelajari bumi.

Sejarah Museum Geologi

Bikin Video Aliran Sesat Boleh Tukaran Istri, Gus Samsudin: Saya Hanya Berikan Edukasi

Museum Geologi terletak di Rembrandt Straat, sekarang Jalan Diponegoro. Gedung bergaya Art Deco ini merupakan bangunan modern pada zamannya. Melansir dari museumindonesia, Museum Geologi ini dirancang oleh arsitek Belanda Ir.H.M.van Schouwenburg dan dibangun pada tahun 1928. Hampir setahun kemudian bangunan pun rampung dan diresmikan dengan nama Geologisch Laboratorium (16 Mei 1929), bertepatan dengan penyelenggaraan The Fourth Pacific Science Congress (16-25 Mei) di Bandung.

Geologisch Laboratorium, juga disebut Geologisch Museum, dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk mendokumentasi contoh batuan, mineral, serta fosil yang dikumpulkan para ahli geologi dari berbagai daerah di kawasan Hindia Belanda. Saat ini, Museum Geologi telah menjadi bagian dari Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Republik Indonesia. Koleksi Museum Geologi dikategorikan kedalam tiga ruangan, yaitu Sejarah Kehidupan, Geologi Indonesia, dan Geologi untuk Kehidupan Manusia.

Halaman Selanjutnya
img_title