Ilmuwan Hidupkan Virus Kuno yang Bisa Mengancam Umat Manusia

Ilustrasi virus
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Setelah puluhan ribu tahun membeku, virus dengan nama Permarfrost disebut-sebut mencair dan bakal menimbulkan ancaman bagi umat manusia.

Virus kuno ini ditemukan di Siberia oleh tim internasional. Setelah melakukan pengamatan, virus ini ternyata mampu menginfeksi amuba.

Virus kuno yang baru ditemukan berusia hampir 50.000 tahun, kata tim tersebut. Sebelumnya 48.500 tahun adalah rekor dunia, kata Jean-Michel Claverie, anggota tim dan peneliti di Universitas Aix-Marseille di Prancis.

Tim mempelajari total tujuh virus purba dalam studi terbarunya. Grup tersebut menerbitkan pracetak karya mereka pada awal November.

Kelompok yang beranggotakan ilmuwan dari Rusia, Prancis, dan Jerman ini sebelumnya berhasil menghidupkan kembali dua virus kuno lainnya yang berusia 30.000 tahun. 

Virus purba yang ditemukan dan dihidupkan kembali oleh tim tersebut dianggap paling kuno yang pernah dihidupkan kembali, meskipun peneliti lain mengklaim telah menghidupkan kembali bakteri yang dikatakan berusia hingga 250 juta tahun.

Semua virus kuno yang dihidupkan kembali oleh tim adalah jenis pandoravirus, sekelompok virus purba raksasa yang hanya mampu menginfeksi organisme bersel tunggal seperti amuba.