Kolaborasi Politik Menuju Indonesia Emas: Prabowo, Negarawan Pemersatu Kekuatan Politik

Prabowo Dampingi Gibran pada Debat Cawapres
Sumber :
  • Viva.co.id

Bandung, VIVA – Wasekjend BRP, Romadhon Jasn memberikan tanggapan positif terkait kemungkinan PDI Perjuangan bergabung dalam pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, Prabowo adalah sosok negarawan yang memiliki komitmen untuk menyatukan seluruh kekuatan politik di Indonesia. Ia menilai langkah Prabowo lebih dari sekadar membentuk koalisi besar, melainkan untuk mempercepat pembangunan bangsa dalam berbagai sektor.

Pernyataan Romadhon itu datang setelah Ketua DPP PDI-P, Puan Maharani membuka kemungkinan bagi partainya untuk bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran. Menurut Puan, komunikasi yang intens terus dijalin antara PDI-P dan Gerindra sejak selesai pemilu menunjukkan adanya arah positif menuju kolaborasi politik yang lebih luas.

Romadhon menekankan pentingnya kolaborasi politik ini untuk memperkuat stabilitas nasional. Namun ia juga mengingatkan agar prinsip check and balances tetap terjaga, meski koalisi besar terbentuk. 

"Meskipun semua kekuatan politik menyatu dalam barisan koalisi yang besar, prinsip check and balances harus tetap dipegang. Ini penting untuk menjaga kesehatan demokrasi dan memastikan adanya kontrol yang efektif terhadap pemerintahan," kata Romadhon ke awak media, Rabu (25/9/2024).

Romadhon menilai bahwa langkah ini akan memberikan dampak positif terhadap jalannya pemerintahan. Dengan dukungan lebih banyak partai politik, pemerintahan Prabowo-Gibran diharapkan dapat berjalan lebih efektif dan cepat dalam mengambil kebijakan-kebijakan penting.

Ketua Jaringan Aktivis Nusantara, Romadhon Jasn

Photo :
  • Dokumentasi Pribadi

"Prabowo tidak hanya memikirkan bagaimana menyatukan kekuatan politik, tetapi juga fokus pada percepatan transformasi bangsa dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, pendidikan, dan kesejahteraan rakyat," tambahnya.