Timnas Indonesia Putuskan Rekor Buruk 38 Tahun Kalah di Markas Thailand

Pemain Timnas Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id

Viva Bandung – Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Thailand dengan skor 3-1 di Stadion Provinsi Rayong pada Kamis, 24 Agustus 2023 di Semifinal Piala AFF U-23 adalah sejarah yang istimewa. Hal ini adalah kemenangan pertama Indonesia di markas Thailand sejak 38 tahun.

Pede Hadapi Uzbekistan, Shin Tae-yong: Saya Tak Pernah Kalah Lawan Mereka

"Ini kemenangan pertama Timnas Indonesia atas Thailand di kandang Thailand setelah 38 tahun. Saat itu di tahun 1985 pada Pra-Piala Dunia 86, lewat gol Heri Kiswanto ke gawang Somphong Nantaprapasin, Indonesia mengalahkan Thailand 1-0," ujar pengamat sepak bola nasional Akmal Maharli, Jumat.

Sejak tahun 1977, sejarah mencatat bahwa Timnas Indonesia hanya 6 kali menang atas Thailand. Ini berbanding terbalik dengan Timnas Thailand yang 16 kali menang atas Indonesia.

Berbanding Jauh, Segini Perbandingan Statistik Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23

Dari kemenangan Indonesia atas Thailand, mayoritas terjadi di kandang sendiri atau di tempat netral, yaitu pada tahun 1979, 2011, dan 2019 ketika diadakan di Indonesia. Lalu pada tahun 1989, 1991, dan 2023 kemenangan terjadi di tempat netral.

Pada kemenangan di semifinal Piala AFF U-23 ini, kutukan tidak pernah menang atas Thailand di markasnya sejak tahun 1985 akhirnya terputus.

Live Streaming Semifinal Piala Asia U-23: Timnas Indonesia vs Timnas Uzbekistan

Kesebelasan Indonesia yang dipimpin oleh Shin Tae-yonh ini tampil dengan ganas di hadapan puluhan ribu pendukung Thailand yang memadati tribun.

Kemenangan Indonesia terasa manis. Sebab timnas berangkat ke Thailand dengan kekuatan minus akibat beberapa pemain utama tak diizinkan klubnya. Sebaliknya, Thailand yang turun dengan pemain terbaik plus rekor sempurna pada putaran grup malah dibuat tak berdaya oleh performa Skuad Garuda.

Halaman Selanjutnya
img_title