Timnas Israel Lolos Piala Dunia, Disambut Hujatan Netizen Indonesia

Timnas Israel lolos Piala Dunia, disambut hujatan netizen
Timnas Israel lolos Piala Dunia, disambut hujatan netizen
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Timnas Israel U-20 dipastikan lolos dan meraih tiket bermain di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, hal tersebut disambut hujatan netizen.

Diketahui, sudah ada lima negara yang memastikan akan tampil di Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni tahun depan.

Selain tuan rumah Timnas Indonesia, negara yang sudah lolos ke Piala Dunia U-20 adalah Prancis, Italia, Inggris dan Israel. Bagaimana skenario pengamanan dari tuan rumah?

Israel kalah 0-1 dari Inggris di laga terakhir Grup B Piala Eropa U-19 2022, pada pertandingan Sabtu, 25 Juni 2022 yang digelar di Stadion Mestsky, Ziar Nad Hronom, Slovakia. Namun, kekalahan Israel tidak membuat mereka terlempar dari posisi runner-up Grup B.

Pasalnya di pertandingan lain, Serbia yang masih bisa menyamai perolehan poin Israel ternyata kalah 2-3 dari Austria.

Alhasil, Israel memastikan diri lolos ke semifinal Piala Eropa U-19 2022 yang artinya mendapatkan tiket ke Piala Dunia U-20 2023.

Pencapaian ini bersejarah bagi Israel, yang baru kali ini lolos ke putaran final Piala Dunia U-20. Pencapaian tersebut dirayakan Federasi Sepak Bola Israel (IFA) dengan membuat postingan di akun Instragram resminya.

Mendapati kenyataan itu, netizen Indonesia tak tinggal diam, lantas ramai-ramai menghujat dan memberikan komentar buruk pada Timnas Israel.

Seperti diketahui, hubungan panas Indonesia dan Israel yang tertanam sejak awal kemerdekaan kedua negara jadi penentu nada komentar warganet Indonesia.

Selain itu, simpati masyarakat Indonesia ke Palestina topik pembicaraan warganet Indonesia di postingan tersebut membuat nada pembicaraan menjurus ke kebencian.

"Mau disambut kayak gimana abang-abang? Full Palestine?" tulis akun @mhmdsa

"Welcome to Indonesia. Selama Palestina belum merdeka, maka kami tidak akan bisa menerima kalian," tulis akun @muhammadabrarma di kolom komentar.

"Welcome to Indonesia dan rasakan kekuatan dari Ultras Palestina," timpal akun @zayn.

Apapun yang terjadi Timnas Israel U-20 bakal tetap tiba di Indonesia untuk melakoni Piala Dunia U-20 tahun depan. Namun, Timnas Israel U-20 juga harus siap menerima dinamika yang diterima oleh masyarakat Indonesia. (irv)