Kisah Haru di Balik Naturalisasi Kiper FC Dallas Maarten Paes

Kiper Dallas FC (klub Amerika Serikat MLS), Maarten Paes.
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung - Sosok kiper FC Dallas Maarten Paes belakangan ini tengah menjadi sorotan usai memutuskan untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI) dan akan memperkuat Timnas Indonesia.

Timnas U-23 Siap Berlaga! Simak Cara Nonton Garuda Muda Lawan Guinea di Playoff Olimpiade 2024

Kiper berusia 25 tahun tersebut sejatinya tidak memiliki darah Indonesia sama sekali.

Namun, paes dianggap berdarah Indonesia dari sang nenek yang lahir dan sempat tinggal di Indonesia sewaktu masih bernama Hindia-Belanda.

Jelang Pertandingan dengan Garuda Muda, Pelatih Guinea Harus Kehilangan Salah Satu Pemain Andalan

"[Nenek saya] tinggal lahir dan tinggal di sana [Indonesia] selama 5-6 tahun, kemudian Perang Dunia. Dia lalu beberapa tahun masuk camp Spanyol-Jepang, setelah itu kembali ke Belanda menaiki sebuah kapal," tutur Paes di kanal YouTube resmi FC Dallas.

Lebih lanjut, Paes mengaku keputusannya untuk menjadi WNI bukan datang secara tiba-tiba.

Guinea Mengundurkan Diri dari playoff Olimpiade 2024? Indonesia Langsung Lolos

Pasalnya, beberapa tahun yang lalu dirinya sempat melakukan komunikasi dengan sang nenek sebelum meninggal terkait keputusannya untuk menjadi WNI.

"Saya ingin bermain untuk Indonesia karena ini adalah penghormatan untuk nenek saya yang meninggal sekitar satu bulan lalu. Saya sangat dekat dengannya, dia pernah memasak untuk saya, mengajari cara memasak, dan itu [soal naturalisasi] adalah perbincangan terakhir sebelum meninggal dunia," kata Paes,.

Halaman Selanjutnya
img_title