Menilik Stadion Lusail Iconic Bakal Dipakai Piala Dunia 2022

Stadion Lusail Iconic Stadium untuk Piala Dunia Qatar 2022
Sumber :
  • viva.co.id

BANDUNG - Sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar sudah menyediakan delapan stadion untuk menggelar seluruh pertandingan. Salah satunya adalah Lusail Iconic Stadium, yang terletak di kota Lusail, Qatar.

Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23, Nama Timnas Indonesia Viral di Eropa

Dilansir dari Viva.co.id Lusail Iconic Stadium adalah salah satu stadion yang diajukan tuan Qatar dalam proposalnya untuk menjadi rumah Piala Dunia di tahun 2010 silam. Qatar baru memulai tender pembangunan stadion setelah ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Qatar baru memulai proses pengadaan pembangunan stadion pada tahun 2014. Ketika itu, panitia pelaksana memilih desain berbentuk yang terinspirasi dari karya seni berupa lampion yang populer di seluruh tanah Arab. Proses dimulai konstruksi pada tahun 2017 dan baru selesai empat tahun kemudian. Namun, stadion ini sendiri baru akan diresmikan sehari setelah laga pembuka Piala Dunia 2022 di bulan November ini.

Izinkan Nathan Tjoe-A-On Balik ke Timnas Indonesia U-23, Ini Alasan Heerenveen

Stadion Ikonik Lusail dapat menampung hingga 80.000 orang di dalamnya. Jumlah ini adalah yang terbesar di antara tujuh stadion lain yang disiapkan. Rata-rata kapasitas stadion yang jadi tempat menghelat pertandingan hanya berkisar 40 ribu hingga 60 ribu.

Kapasitasnya yang paling besar membuat Lusail Iconic Stadium mendapat kehormatan untuk menggelar pesta final Piala Dunia 2022. Itu juga termasuk enam pertandingan di babak penyisihan dan masing-masing pertandingan di setiap babak gugur.

Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23, Erick Thohir: Berkat Suporter

Meski demikian, kapasitas Lusail Iconic Stadium akan dipangkas cukup banyak setelah penyelenggaraan piala dunia 2022 berakhir. Kompleks di sekitar stadion akan dialihfungsikan sebagai ruang publik yang terdapat sekolah, pusat pusat, kafe, fasilitas olahraga, dan klinik kesehatan. Oleh karenanya, sistem transportasi di sekitar Lusail Iconic Stadium dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan pengunjung. Ada jalur trem khusus yang dibuat agar pengunjung bisa berpergian ke tempat-tempat penting di Lusail dan daerah sekitarnya.

Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic StadiumStadium

Halaman Selanjutnya
img_title