Hari Bumi 2022, Ini Bahaya Perubahan Iklim Untuk Keselamatan Manusia

Animasi Perubahan Iklim Google Doodle
Sumber :
  • indonesia.un.org

BANDUNG – Google Doodle ingatkan pentingnya pengetahuan seputar peruahan iklim, bertepatan pada peringatan Hari Bumi 2022, yang jatuh pada hari ini, Jumat, 22 April 2022.

Akibat Perubahan Iklim, Jokowi Pastikan Masyarakat Akan Dapat Bansos Beras Hingga Juni 2024

Apa itu perubahan iklim?

Dilansir dari indonesia.un.org. Perubahan iklim mengacu pada perubahan jangka panjang dalam suhu dan pola cuaca. Pergeseran ini terjadi secara alami, seperti melalui variasi siklus matahari.

Mengenal Donald Pandiangan yang Dijadikan Google Doodle Hari Ini

Namun sejak tahun 1800-an, aktivitas manusia telah menjadi penyebab utama perubahan iklim, terutama akibat pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak dan gas.

Pembakaran bahan bakar fosil menghasilkan emisi gas rumah kaca yang bekerja seperti selimut yang melilit Bumi, menghasilkan panas matahari dan menaikkan suhu.

Ini Fakta Pahlawan Perempuan Rasuna Said yang Tampil di Google Doodle

Contoh emisi gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim termasuk karbon dioksida dan metana. Ini berasal dari penggunaan bensin untuk mengendarai mobil atau batu bara untuk memanaskan gedung, misalnya.

Pembukaan lahan dan hutan juga dapat melepaskan karbon dioksida. Tempat pembuangan sampah merupakan sumber utama emisi metana. Energi, industri, transportasi, bangunan, pertanian dan tata guna lahan termasuk di antara penghasil emisi utama.

Halaman Selanjutnya
img_title