Ini Fakta Pahlawan Perempuan Rasuna Said yang Tampil di Google Doodle

Rasuna Said
Sumber :
  • U-Report

Bandung – Tepat 14 November merupakan hari lahirnya salah satu Pahlawan Nasional yaitu Rasuna Said. Google Doodle merayakan ulang tahunya ke 122. Ia terkenal dengan membela hak-hak perempuan.

Mengenal Donald Pandiangan yang Dijadikan Google Doodle Hari Ini

Rasuna Said merupakan salah satu perempuan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Selain itu juga ia selalu menggerakan hak-hak perempuan, seorang guru serta merupakan seorang jurnalis.

Rasuna Said menjadi perempuan kesembilan yang mendapatkan gelar pahlawan nasional dari pemerintahan Indonesia. Itu semua atas jasa dan perannya yang sangat besar kepada Indonesia. Berikut beberapa fakta Rasuna Said seperti dilansir dari berbagai sumber, sebagai berikut:

Sejarah Mangkuk Ayam Jago yang Tampil di Google Doodle Hari Ini

1. Profil Rasuna Said

Memiliki nama lengkap Rangkayo Rasuna Said, ia lahir pada 14 September 1910 serta wafat pada 2 November 1965. Ia merupakan seorang pejuang kemerdekan dan mendapatkan gelar Pahlawan Nasional dari pemerintahan Indonesia. Seperti halnya Kartini yang selalu memperjuangkan persamaan hak antara pria dan perempuan. Rasuna Said dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Hari Bumi 2022, Ini Bahaya Perubahan Iklim Untuk Keselamatan Manusia

2. Kehidupan Rasuna Said

Rasuna Said lahir di Desa Panyinggahan, Maninjau Kabupaten Agam, Sumatera barat. Dia merupakan keturunan asli dari keluarga bangsawan Minang. Sementara Ayahnya bernama Muhammad Said yang merupakan seorang saudagar dari Minangkabau dan aktivis pergerakan.

Halaman Selanjutnya
img_title