Guru SLB Ciptakan Game Belajar Interaktif untuk ABK di KCD III Jabar

Sekolah Luar Biasa Negeri di Lingkungan KCD III
Sumber :
  • istimewa

Bandung – Pandemi Covid-19 yang melanda pada awal 2020 membuat sekolah melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Namun dalam pendidikan inklusif, pembelajaran dilaksanakan secara online cenderung kurang efektif.

Pencitraan Berlebihan, Mensos Risma Sujud di Kaki Guru SLB Saat Ditagih Janji Hibah Lahan

Flibianto, S.Pd selaku seorang guru Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) di lingkungan Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah III Jawa Barat. Terlihat peserta didiknya, khusus kategori B (tuna rungu) dan C (tuna grahita) cenderung sulit ketika konsentrasi dalam menjalankan pembelajaran secara online. 

Hal ini membuat Flibianto, menyerah dengan keadaan, dan akhirnya berhasil membuat inovasi digital, dengan menggunakan metode pembelajaran game interaktif untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Diduga Telah Lecehkan Agama Islam, TikToker Galih Loss Akhirnya Minta Maaf

Selain itu, inovasi digital ini bisa diakses melalui Portal Web dengan alamat  http://belajar.slbnsurade.sch.id/. Dalam portal tersebut tentang materi pembelajaran dasar di antaranya, pengenalan diri, pengenalan huruf, pengenalan bilangan, pengenalan hewan, pengenalan tumbuhan dan lainnya.

Menariknya dibentuk seperti sedang bermain game interaktif yang dapat diakses melalui ponsel. 

Cara Klaim Saldo DANA Gratis Mudah Terbaru, Tanpa Aplikasi Penghasil Uang

"Semuanya ada sekitar 30 game. Dan Ada juga video, jadi meskipun tidak online tapi pembelajaran masih dapat dilaksanakan oleh siswa, sehingga dapat menghemat kuota mereka juga," ujar Flibianto.

Kemudian, pembelajaran dalam portal web pun, dimulai dari menyatukan huruf menjadi satu kata, pelajaran matematika dasar seperti hitungan, pengenalan diri seperti anggota tubuh hingga belajar membaca dengan tampilan seperti bermain games.

Halaman Selanjutnya
img_title