Hati-hati, Sering Pakai High Heels Bisa Picu Varises di Kaki

High Heels
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Ada pepatah bahwa cantik itu menimbulkan luka yang membuat banyak perempuan berlomba membuat tampilannya menarik meski terasa menyakitkan, seperti memakai high heels. Walau terlihat menawan dengan membuat kaki nampak lebih jenjang, faktanya pemakaian sepatu hak tinggi ini menimbulkan kondisi kesehatan yang membahayakan, termasuk varises.

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Varises adalah kerusakan katup pada pembuluh darah vena menyebabkan arus balik ke arah jantung tidak berjalan dengan baik. Hal ini yang akhirnya menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga urat tampak jelas, menonjol keluar, dan berwarna biru atau ungu tua. Kondisi ini yang membuat pemakaian high heels berisiko terhadap varises.

"Kalau nggak rusak katupnya, mau pakai (high heels) terus pun nggak apa-apa. Tapi, lalau dipaksa, tension tinggi terus, otot betisnya kenceng, sirkulasi kenceng, katup bekerja keras, bisa rusak juga pada akhirnya," ujar dokter spesialis bedah subspesialis bedah vaskular konsultan yang berpraktik di RS Pondok Indah dr. Febiansyah Kartadinata Rachim, Sp. B, Subsp. BVE (K), dalam acara media, di Jakarta, Senin 20 November 2022.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

Pada dasarnya, dokter Febiansyah mengatakan bahwa varises terjadi karena kondisi katup di pembuluh darah yang sudah rusak. Pada sebagian orang, kerusakan katup ini bisa terjadi dengan sendirinya sehingga pemakaian high heels dapat memicu varises terjadi lebih rentan.

Di satu sisi, varises pun akan muncul apabila high heels digunakan secara terus menerus tanpa ada jeda. Bahkan, mereka yang gemar memakai sepatu dengan hak yang cukup tinggi disertai pemakaian yang berjam-jam, akan membuat kerusakan katup di pembuluh darah lebih mudah terjadi sehingga varises pun bisa muncul pada akhirnya.

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

"Tekanan di betis kita akan terlalu tinggi. Untuk membuat sirkulasi darah cepat, baliknya lagi juga harus cepat. Karena para wanita (pakai high heels) betisnya kenceng terus jadi sirkulasinya harus bagus untuk mempertahankan posisi (tubuh)," jelasnya.

Hal ini bisa makin buruk apabila berat badan berlebihan, atau malah obesitas sehingga kaki akan menopang lebih berat. Pada akhirnya, sirkulasi darah dipacu terus menerus sehingga katup pembuluh darah bekerja keras yang berisiko pada kerusakan di dinding katupnya. Lantas, bagaimana agar aman memakai high heels?

Halaman Selanjutnya
img_title