Hanya Lewat Kedipan Mata, Manusia Bisa Komunikasi dengan Kucing

Ilustrasi kucing
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Baru-baru ini sebuah penelitian mengatakan bahwa ternyata bila ingin berkomunikasi dengan kucing dimungkinkan hanya dengan kedipan mata. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Piskolog Karen McComb dari University of Sussex di Inggris.

Karena Memiliki Taring, Ustadz Khalid Basalamah Sarankan Umat Islam Tidak Pelihara Kucing

Dia mengatakan bahwa tindakan mengedipkan mata tersebut secara perlahan akan membuat kucing, baik yang memang hewan peliharaan maupun yang bukan hewan peliharaan akan mendekati dan menerima manusia.

"Sebagai seseorang yang telah mempelajari perilaku hewan dan pemilik kucing, sangat bagus untuk dapat menunjukkan kucing dan manusia dapat berkomunikasi dengan cara ini," katanya, seperti dikutip dari situs ScienceAlert, Senin, 28 November 2022.

Begini Ciri-ciri Orang yang Mendapat Malam Lailatul Qadar, Buya Yahya Beri Pandangan

Menurut Karen, kedipan mata ini sebetulnya mirip saat kucing mendapatkan kesenangan misalnya ketika mereka diusap dan lain sebagainya. Biasanya kucing akan berkedip dan menutup sebagian matanya sampai menyipit.

Dia juga mengatakan, hal tersebut adalah ekspresi senyum si kucing. Bukti anekdotal dari pemilik kucing mengisyaratkan bahwa manusia bisa meniru ungkapan tersebut guna menyampaikan kepada kucing bila kita ramah dan terbuka untuk berinteraksi.

Lupa Kata Sandi Instagram? Gak Usah Panik, Begini Cara Mengatasinya

Karen bersama tim psikolog merancang dua eksperimen untuk menentukan apakah kucing berperilaku berbeda dengan manusia yang berkedip lambat. Dalam percobaan pertama, pemilik mengedipkan mata perlahan pada 21 kucing dan 14 rumah tangga berbeda.

Usai kucing menetap dan nyaman di satu tempat di lingkungan rumah mereka, pemilik diperintahkan untuk duduk di sekitar satu meter dan berkedip lambat ketika kucing melihatnya.

Halaman Selanjutnya
img_title