Hindari Minum Kopi Bagi yang Sensitif Terhadap Kafein, Ini Bahayanya!

Ilustrasi kopi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Kopi mengandung kafein yang memiliki banyak manfaat kesehatan jika dikonsumi tanpa tambahan apa pun. Namun, kopi juga bisa memberikan efek sebaliknya, terutama pada orang-orang yang sensitif terhadap kafein. 

FYP! Cara Mulung Koin di TikTok, Dapatkan Ratusan Ribu per Hari Sambil Tiduran

Dokter spesialis gizi klinik di Nutrif Clinic & Nutrif Farma di Bandung, dr. L. Arif Firiandri Yulius, Sp.GK, AIFO-K, bahkan menyarankan, masyarakat yang tidak kuat mengonsumsi kafein sebaiknya menghindarinya, karena berisiko terkena penyakit jantung.

"Jika memiliki sakit lambung, juga memerlukan kehati-hatian dalam konsumsi kafein karena dapat memicu sakit lambung, sehingga proses pencernaan akan terganggu," ujar dokter Arif dalam keterangannya, Kamis 1 Desember 2022. 

Lagi Trend! Mulung Koin di TikTok Hingga Ratusan Ribu per Hari, Ini Caranya

"Selain itu, minuman yang mengandung kafein biasanya juga mengandung tanin yang mengganggu penyerapan zat besi," sambung dia.

Lebih lanjut Arif memaparkan, ada beberapa cara meningkatkan stamina tanpa harus mengonsumsi kafein maupun energy booster lainnya. Apa saja?

Sahabat Ungkap Penyakit Aneh yang Diderita Stevie Agnecya: Sudah Bertahun-tahun

"Makan gizi seimbang, meminum paling sedikit dua liter air, manajemen stres, tidur cukup dari 7-8 jam setiap hari, olahraga teratur satu jam sehari, tiga hingga empat kali seminggu dan jauhi alkohol berlebihan serta rokok," jelasnya. 

Product Manager Nutrafor Gold Coffee, Bagus Arigunanto, menambahkan, pada umumnya masyarakat memilih mengonsumsi produk penambah tenaga atau energy booster seperti kafein, ketika stamina tidak prima. 

Halaman Selanjutnya
img_title