China Siap Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa Tanpa Awak

Ilustrasi Pesawat Ruang Angkasa
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – China mengumumkan rencana misi meluncurkan pesawat ruang angkasa tanpa awak untuk menghalau benda asing seperti asteroid atau pun meteor jatuh ke Bumi dengan cara menabrakkannya supaya orbitnya berubah.

Mengenal Miriam Adelson, Ratu Judi Terkaya yang Ternyata Berasal dari Israel

Benda asing berupa batuan luar angkasa yang dikenal sebagai PN1 2020 ini adalah sebuah asteroid 'berpotensi berbahaya' dengan lebar sekitar 40 meter. Misi tersebut akan diluncurkan dengan Roket Long March 3B pada 2026.

Apa yang dilakukan China sudah diterapkan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA lewat misi Double Asteroid Redirection Test (DART) pada akhir September tahun ini, seperti dikutip dari situs Space, Sabtu, 10 Desember 2022.

Kutuk Serangan Iran ke Tel Aviv, Presiden AS Joe Biden Ancam Akan Lakukan Ini

DART bermitra dengan misi penerus dari Badan Antariksa Eropa atau ESA bernama Hera yang akan diluncurkan pada 2024 yang bertujuan mempelajari lokasi tumbukan secara mendetail.

Sementara itu, China ingin melakukan misi 'mencegah kiamat' ini secara 2-in-1 dengan mencoba dampaknya dan melakukan pengamatan dari dekat sekaligus.

Ratusan Rudal Iran Hujani Kota Tel Aviv, Israel Langsung Minta Bantuan AS-Inggris

Kepala Perancang Program Eksplorasi Bulan China Wu Weiren mengatakan bahwa rencana terbaru itu akan menjadwalkan peluncuran misi pada 2025 di atas Roket Long March 5 yang lebih besar dan lebih bertenaga.

"Kami akan meluncurkan dua wahana. Yang pertama untuk survei. Setelah mempelajarinya (asteroid) secara menyeluruh setelah periode survei, wahana yang kedua akan menjalankan perintah untuk bertabrakan dengan asteroid, dan mudah-mudahan mengalihkannya 3-5 cm dari jalurnya," ungkap Wu.

Halaman Selanjutnya
img_title